Wawako Solok harapkan kontingen Rainas jadi duta daerah di Cibubur

id Wawako harapkan, kontingen Rainas, asal Solok, adi duta daerah, di Cibubur

Wawako Solok harapkan kontingen Rainas jadi duta daerah di Cibubur

Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra bersama dengan kontingen Rainas asal Solok, Sumatera Barat di Solok, Ahad (13/8/2023) (FOTO ANTARA/HO-Prokomp Solok)

Solok, Sumbar (ANTARA) - Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Ramadhani Kirana Putra mengharapkan para kontingen Kwarcab Pramuka Kota Solok bisa menjadi duta daerah saat mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) XII tahun 2023 di Cibubur, Jakarta, yang nantinya mampu mengharumkan nama Kota Solok.

"Kami mengharapkan kepada kontingen Rainas yang akan berangkat bahwa mereka adalah para kader terbaik pramuka Kota Solok yang nantinya akan menjadi dutanya Kota Solok," kata Ramadhani di Solok, Ahad.

Raimuna Nasional XII tahun 2023 akan berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur pada tanggal 14-21 Agustus 2023.

Ia menyebutkan gerakan Pramuka Kwatir Cabang Kota Solok mengirimkan 48 orang peserta untuk mengikuti Rainas.

"Terima kasih atas segala dukungannya, utama sekali kepada kakak-kakak dari pelatih dan pembina yang ada di gugus depan," katanya.

Menurutnya ini semua tidak terlepas dari bantuan dukungan yang luar biasa dari kakak-kakak Kamabigus.

Ia menyadari sepenuhnya kwartir cabang Kota Solok tidak bisa berbuat apa-apa tanpa didukung penuh oleh Kamabigus dan pelatih yang ada di gugus depan masing-masing.

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Solok untuk pembinaan yang telah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu. Semoga pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, dan materi menjadi amal ibadah," kata dia.

Lebih lanjut, Wawako menyampaikan Kepada kontingen Rainas yang akan berangkat bahwa mereka adalah para kader terbaik pramuka Kota Solok yang nantinya akan menjadi dutanya Kota Solok.

"Adik-adik semua yang merupakan anggota pramuka terbaik di Kota Solok, kami tahu betul bahwasanya proses seleksi mulai tingkat gugus depan sampai pada tingkat kwartir cabang sangat selektif sesekali," katanya.

Selain itu, ia berharap semoga diberikan yang terbaik juga di bumi perkembangan Cibubur dalam rangkaian Raimuna Nasional nantinya. Atas nama Kwarcab Pramuka Kota solok, ia juga berharap adik-adik selalu menjaga kekompakan semangat kebersamaan karena adik-adik adalah dutanya Kota Solok

"Kami yakin dan percaya dari proses seleksi dan latihan yang ada, sejauh yang kami ketahui Insya Allah apa yang menjadi harapan kita dapat adik-adik wujudkan dan menjadi wakil cabang terbaik," kata Ramdhani.

Di samping itu, kontingen Sumbar berjumlah 608 orang dengan rincian peserta 540 orang, Pinkoncab 37 orang, pendamping 19 orang serta tim dokter kontingen yang berjumlah 12 orang.

Wagub Sumbar Audy Joinaldi mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kota Solok yang telah memfasilitasi acara kegiatan pelepasan kontingen Pramuka Sumbar.

"Terima kasih Pemkot Solok yang telah memfasilitasi acara untuk melepas kontingen Sumbar pergi ke Raimuna Nasional tanggal 14 - 21 Agustus di Cibubur kalau tahun lalu kita Jambore Nasional dilepasnya di Kabupaten Sijunjung," katanya.

“Di tingkat nasional, Rainas menjadi ajang bagi para anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengembangkan pengetahuan dan memperluas wawasan dengan segala sarana dan kesempatan yang didapatkan," katanya.

Selain itu, kata dia, juga mendapatkan pengalaman yang bernilai untuk pengembangan diri sehingga memiliki bekal yang kuat untuk mencapai kesuksesan.

Kepada para peserta Rainas Wagub berpesan ketika berada di Cibubur nanti, 19 kota/kabupaten yang mewakili sumatera barat silakan perkenalkan kota dan kabupaten masing-masing dan ceritakan yang baik-baik tentang Sumatera Barat.

"Jaga nama baik Sumbar, adik-adik secara langsung telah menjadi Duta Pariwisata Sumbar. Ceritakan segala hal yang baik tentang Sumbar, keindahan alamnya, makanannya serta budayanya, promosikan kampung kita," demikian Audy Joinaldi.