Kemenag serahkan barang peninggalan jamaah haji wafat di Mekah ke ahli waris

id Kemenag ,berita bukittinggi,jamaah haji bukittinggi,berita sumbar

Kemenag serahkan barang peninggalan jamaah haji wafat di Mekah ke ahli waris

Kemenag Bukittinggi mengunjungi keluarga ahli waris jamaah haji yang meninggal dunia saat berhaji sekaligus menyerahkan barang peninggalan almarhumah (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mengunjungi keluarga dan ahli waris dari jamaah haji yang wafat saat melaksanakan ibadah haji sekaligus menyerahkan barang peninggalan almarhumah saat berhaji.

"Juga diserahkan sertifikat haji dari maskapai Garuda dan Certifikat Of Death (COD) dari RM An Noor Makkah, kami ikut berbelasungkawa," kata Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, Eri Iswandi, Kamis.

Ia didampingi Kasubbag Tata Usaha, Tri Andriani Djusair dan Pelaksana Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Yuni Yelfia dan Arik Krisnawati bersama Ketua Rombongan, Ismail Djohar diterima langsung oleh pihak keluarga di rumah duka di Kubu Tanjung, Tigo Baleh, Bukittinggi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi menyampaikan bahwa jemaah atas nama Darmiwati menghembuskan nafas terakhir setelah melaksanakan puncak ibadah haji.

"Semoga beliau memperoleh haji yang mabrur dan keluarga yang di tinggal hendaknya diberi kesabaran, kami mohon maaf jika ada salah atau layanan kami yang kurang, sebab almarhumah adalah jemaah haji tunda tahun 2020," katanya.

Ia memastikan Kemenag selalu memantau dan update informasi terkait keadaan Jamaah Haji Kota Bukittinggi selama di Arab Saudi.

"Dari informasi yang didapat, justru bukan almarhumah yang kami khawatirkan kesehatannya, ketika mendengar kabar duka terkait almarhumah kami kaget, meninggalnya beliau di tanah suci merupakan sudah menjadi kehendak Allah," kata Eri.

Ia mengapresiasi atas kekompakan dan kerjasama jamaah haji Kota Bukittinggi sehingga sukses dalam melaksanakan rangkaian ibadah dengan baik.

Menurutnya dalam Standar Operasional Pelayanan (SOP) Penyelenggaraan Haji jika ada jamaah meninggal di Arab Saudi semua barang bawaan akan menjadi tanggung jawab ketua Kloter.

"Alhamdulillah semua barang yang ditinggal almarhumah tersebut tidak hanya menjadi beban tanggung jawab Ketua Kloter saja tapi menjadi beban semua anggota Kloter 15 berupa uang riyal dan rupiah dan barang-barang lainnya, karena beliau meninggal saat melaksanakan ibadah haji beliau akan ditanggung asuransi," jelas Kakan Kemenag.

Ketua rombongan, Ismail Djohar mewakili jamaah menyampaikan pengalaman bersama almarhumah di tanah suci.

"Selama di tanah suci hingga puncak haji alhamdulillah kondisi beliau dalam baik-baik saja, namun setelah pulang dari Mina kesehatan beliau menurun dan dirawat, dari penuturan dokter kloter, sakit beliau tidak karena penyakit bawaan seperti dalam riwayat kesehatan beliau, semuanya normal, tetapi memang takdirnya beliau meninggal di tanah suci yang menjadi cita-cita kebanyakan jamaah," katanya menjelaskan.

Sementara itu ahli waris almarhumah Darmiwati, Wati menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Agama dan KBIH Birugo yang telah mendampingi dan melayani almarhumah.

"Kami mohon maaf apabila ada kesalahan kekhilafan orang tua kami selama berinteraksi dengan bapak ibuk, mudah-mudahan beliau Husnul Khatimah," katanya.