Wakil Sumbar gagal ke semifinal LFN usai ditahan imbang wakil Jakarta

id Sumbar,Futsal,Liga Futsal Nusantara,Padang

Wakil Sumbar gagal ke semifinal LFN usai ditahan imbang wakil Jakarta

Tim Sabiduak Sadayuang Futsal Kota Pariaman yang jadi wakil Sumbar di Liga Futsal Nusantara 2023 (ANTARA/HO Dokumen Pribadi)

Padang (ANTARA) - Wakil Sumatera Barat Sabiduak Sadayuang Futsal Kota Pariaman gagal ke semifinal usai ditahan imbang wakil DKI Jakarta KLN 1-1 di partai terakhir Grup J Liga Futsal Nusantara (LFN) 2023 di GOR Tegal Selatan, Rabu.

"Hasilnya tidak berpihak kepada kami. Selisih gol harus membuat langkah kami terhenti,” kata pelatih SS Futsal Kota Pariaman David Afri Ardi ketika dihubungi dari Padang, Rabu.

Ia menilai seluruh pemain sudah berjuang maksimal dengan banyak melancarkan serangan.

Tim Sabiduak Sadayuang (SS) Futsal Kota Pariaman unggul lebih dulu melalui gol backheel Habibul Ikhsan dan di penghujung babak pertama skuad KLN FC mengejar lewat gol dari sepak pojok yang dimaksimalkan Mukarom Misluh.

Skor 1-1 di babak pertama, memantik spirit anak asuh David Afri Ardi untuk terus bekerja keras menambah gol dan mengejar kemenangan. Sejumlah perubahan strategi dan taktikal dilancarkan SS Kota Pariaman sepanjang permainan.

KLN FC yang hanya membutuhkan hasil imbang karena unggul selisih gol juga memperkuat pertahanan dengan bermain rapat menjaga celah. Beberapa kali upaya Kelvin Maulana dan kawan-kawan mentah karena performa tangguh kiper KLN FC.

Memasuki lima menit akhir babak kedua, SS Kota Pariaman kembali mengubah strategi menembus pertahanan KLN FC dengan menerapkan powerplay.

Upaya ini nyaris berhasil, sayang masih belum beruntung. Sepakan keras Sultan Meizaki, Hasnan Habib, dan Fauzan Haider menerpa mistar dan hingga babak kedua tuntas, SS Kota Pariaman tak mampu meruntuhkan tembok pertahanan KLN FC DKI Jakarta.

Hasil imbang itu membuat klasemen akhir penyisihan Grup J babak delapan besar Liga Futsal Nasional LFN 2023 menempatkan SS Kota Pariaman di peringkat ketiga dengan empat poin. Jumlah poin tersebut sama dengan perolehan KLN FC DKI Jakarta yang menduduki posisi runner up namun unggul selisih gol.

Sedangkan peringkat pertama ditempati Moncongbulo Muda Sulteng dengan sembilan poin dan tim HKFC Maluku menjadi juru kunci klasemen dengan poin kosong.

Ketua Asosiasi Futsal Kota (Afkot) Pariaman Boedi Satria meminta maaf karena tim SS Futsal Kota Pariaman belum dapat memenuhi harapan futsal Sumatera Barat untuk promosi ke Liga Pro Indonesia.

“Dua tim Grup J yang lolos ke semifinal bukan kita. Moncongbulo Muda Sulteng dan Kuda Laut Nusantara DKI Jakarta. Mereka akan berhadapan dengan dua tim teratas Grup I, Kinantan Futsal Sumut dan Excellent Jawa Barat," kata dia.