12 Tim Pra PON futsal ikuti Ortuseight Rafhely Cup di Padang

id Sumbar,Futsal,Padang

12 Tim Pra PON futsal ikuti Ortuseight Rafhely Cup di Padang

Tim Pra PON futsal Sumatera Barat (ANTARA/HO AFP Sumbar)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 12 tim futsal Pra PON dari sejumlah provinsi di Indonesia menyatakan keikutsertaan mereka di turnamen Ortuseight Rafhely Cup U-19 yang akan digelar di Lapangan Rafhely Kota Padang Sumatera Barat pada 23-30 Agustus 2023.

Inisiator turnamen Haji Yasman Yanusar di Padang, Senin mengatakan turnamen digelar lagi setelah vakum tiga tahun lamanya mulai dari 2020, 2021 dan 2022 sesuai pandemi COVID-19.

Ia mengatakan pada tahun 2023, turnamen ini memasuki gelaran yang ke-10 kalinya dengan merek Ortuseight Rafhely Cup.

Menurut dia Ortuseight Rafhely Cup 2023 diperuntukkan sebagai ajang pemanasan tim futsal Pra PON.

Ia menjelaskan Pra PON Futsal nanti digelar pada Oktober 2023 dan Ortuseight Rafhely Cup jadi ajang pemanasan bagi tim tim Pra PON se-Indonesia khususnya bagi Tim Futsal Pra PON Sumatera Barat.

Ia menyebutkan 12 tim Pra PON telah menyatakan keikutsertaan diantaranya sejumlah tim futsal Pra PON dari Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Papua.

"Sejauh ini tim sudah menyatakan keikutsertaan mereka dalam turnamen ini dan memang tim dari Sulawesi tidak ambil bagian di turnamen ini," kata Ketua AFP Sumbar ini.

Menurut dia 12 tim peserta telah lengkap. Pelaksanaan selama sepekan dari tanggal 23 Agustus sampai 30 Agustus 2023, dan turnamen ini regulasi pemain, kelahiran 1 Januari 2005 dan tahun setelahnya. Apresiasi untuk tim pemenang total hadiah uang Rp25 juta.

Ia menambahkan sistem turnamen menggunakan babak penyisihan grup yang terbagi menjadi tiga grup berisi masing-masing 4 tim.

Setelah melaksanakan babak penyisihan maka tim peringkat pertama dan kedua klasemen akhir lolos ke babak gugur 8 besar ditambah dua tim peringkat 3 terbaik dari seluruh grup akan lolos ke babak 8 besar.

Di babak 8 besar, sistem turnamen akan dijalankan dengan sistem gugur dan empat tim terbaik lolos ke semifinal untuk memperebutkan tiket lolos ke partai final untuk memperebutkan juara di turnamen ini.