10 tim futsal Pra PON se-Indonesia siap berlaga di Kota Padang

id Sumbat,Futsal,Pra PON

10 tim futsal Pra PON se-Indonesia siap berlaga di Kota Padang

Tim futsal Pra PON Sumatera Barat (ANTARA/ HO AFP Sumbar)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 10 tim futsal Pra PON se-Indonesia telah menyatakan kesiapan berlaga di turnamen Ortuseight Rafhely Cup (ORC) pada 23-30 Agustus 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumbar Haji Yasman Yanusar di Padang, Kamis mengatakan 10 tim tersebut adalah Sumbar sebagai tuan rumah kemudian Provinsi Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Timur dan Papua Barat.

“Sepuluh tim peserta, dibagi dua grup. Sama dengan format PON,” kata dia.

Ia menjelaskan semula turnamen yang digelar untuk kesepuluh kalinya pada tahun 2023 ini dan direncanakan diikuti 12 tim peserta. Namun, akhirnya diputuskan menjadi 10 tim peserta.

“Awalnya begitu, 12 tim dan dibagi menjadi 4 grup penyisihan. Tetapi, kita tetapkan saja 10 tim. Babak penyisihan terdiri dari dua grup. Dua tim teratas tiap grup lolos ke semifinal,” kata dia.

Ia mengatakan turnamen kali ini dikhususkan sebagai ajang menguji kekuatan tim-tim futsal provinsi se-Indonesia sebelum tampil pada ajang Pra PON 2023, Oktober mendatang.

“Turnamen sebelumnya, Rafhely Cup diikuti klub-klub Liga Nusantara dan Liga Pro dan tak ada regulasi usia. Tapi, tahun ini kita khususkan untuk tim-tim futsal Pra PON saja. Terutama untuk Tim Pra PON Sumbar sendiri. Juga ada regulasi usia sesuai batasan umur pemain PON 2024 nanti, di bawah 20 tahun,” kata dia.***3***