Tingkatkan SDM, Pemkab Solok Selatan akan bina pemnag secara berkala

id pemkab solok selatan,rakor wali nagari solok selatan,khairunas,zigo rolanda

Tingkatkan SDM, Pemkab Solok Selatan akan bina pemnag secara berkala

Rapat koordinasi Pemerintah Kabupaten Solok Selatan,Sumatera Barat, dengan pemerintah nagari setempat pada tahun 2023 di Padang Aro, Selasa (28/2/2023) (ANTARA/HO-Diskominfo Solok Selatan)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, akan melakukan pembinaan dan pendampingan secara berkala terhadap pemerintah nagari sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia sehingga pelayanan masyarakat, pengelolaan keuangan, dan penggalian potensi daerah semakin baik.

Bupati Solok Selatan Khairunas saat rapat koordinasi pemerintah daerah dengan pemerintah nagari tahun 2023 di Padang Aro, Selasa, mengatakan berdasarkan hasil evaluasi masih terdapat berbagai hal yang perlu terus dibenahi dan ditingkatkan di tingkat kenagarian dan jorong.

Menurutnya ada tiga hal yang menjadi perhatian untuk ditingatkan, yakni minimnya kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam menggali potensi nagari sehingga pendapatan asli nagari kurang bisa dimaksimalkan peningkatannya.

Kemudiaan minimnya kemampuan SDM dalam mengelola keuangan nagari, dan masih adanya wali jorong yang tidak melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan yang diamanahkan.

Untuk itu, ia meminta Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari dan OPD terkait, camat serta tenaga pendamping profesional untuk memberikan pembinaan secara berkala.

"Fokus yang menjadi perhatian adalah dari segi pengelolaan Keuangan, pengembangan BUMNAG, peningkatan Pendapatan Asli Nagari (PAN) dan pelaporan peristiwa penting kependudukan," katanya.

Ia mengimbau agar pemerintahan nagari menghilangkan kebiasaan bekerja yang kurang bersungguh-sungguh dan mulai melakukan kewajiban sebagai aparat negara.

"Wali nagari dan wali jorong harus benar-benar peka terhadap setiap tuntutan masyarakat, serius dan bersungguh-sungguh untuk pengembangan pembangunan dan mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat," katanya.

Ia mengingatkan bahwa potensi yang dimiliki nagari dapat dimanfaatkan, dikelola dan diberdayakan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan ketersediaan data saat ini menjadi hal paling penting.

Sebagai pemerintahan terdepan, katanya sudah menjadi kewajiban bagi pemerintahan di nagari untuk melakukan pendataan bagi masyarakatnya.

"Data ini bisa digunakan sebagai bahan evaluasi dalam penetapan kebijakan di nagari. Karena sekarang jarang ada penetapan skala prioritas dalam menetapkan kebijakan di nagari," katanya.

Padahal,menurutnya dengan adanya skala prioritas ini ke depan akan lebih membantu pengembangan pembangunan sehingga bisa tepat dinikmati masyarakat.

Dalam rakor tersebut dilakukan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh wali nagari dan wali jorong se-Solok Selatan yang berisikan poin-poin integritas, transparansi, dan pembinaan kemasyarakatan.

Dalam rakor tersebut, juga ditandatangani komitmen bersama dalam mendukung pelaksanaan crash program imunisasi polio di Solok Selatan Tahun 2023 bersama perwakilan World Health Organization (WHO), atau Organisasi Kesehatan Dunia.