145 pelamar PPPK tenaga teknis Kota Payakumbuh akan ikuti CAT

id seleksi pppk,formasi pppk payakumbuh,BKPSDM payakumbuh

145 pelamar PPPK tenaga teknis Kota Payakumbuh akan ikuti CAT

Kepala BKPSDM Kota Payakumbuh Erwan. (ANTARA/Akmal Saputra)

Payakumbuh (ANTARA) - Sebanyak 145 pelamar yang mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga teknis di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat dinyatakan lulus seleksi administrasi dan akan mengikuti ujian tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang dijadwalkan 10 Maret sampai 3 April 2023.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Payakumbuh Erwan di Payakumbuh, Jumat, mengatakan jumlah formasi PPPK untuk tenaga teknis di daerah itu sebanyak 71 formasi.

"Untuk pengadaan PPPK formasi tahun 2022 untuk Kota Payakumbuh yang disetujui Kemenpan-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) itu tenaga teknis 71 formasi, tenaga kesehatan 120 formasi dan untuk tenaga guru 233 formasi," katanya.

Ia mengatakan untuk tenaga teknis pihaknya telah melakukan seleksi administrasi dan tercatat lebih dari 200 orang yang mendaftar.

"Yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan akan mengikuti CAT itu 145 orang. Ada beberapa yang dari lingkup Pemkot Payakumbuh, dari daerah lain, dan swasta yang memang memenuhi persyaratan," ujarnya.

Sementara jadwal ujian CAT bagi tenaga teknis akan dilaksanakan dari 10 Maret 2023 sampai dengan awal April 2023.

Namun, kata dia Pemkot Payakumbuh bekerja sama dengan BKN juga telah melakukan simulasi CAT untuk peserta yang nantinya akan berguna untuk membantu peserta saat mengikuti CAT.

"Sebab pelaksanaan atau mekanisme CAT untuk tenaga teknis ini berbeda dengan yang lain. Hal ini untuk membantu peserta kita," kata dia didampingi Sekretaris BKPSDM Dewi Mulia dan Kabid Pengadaan, Mutasi, dan Pemberhentian Reny Eka Putri.

Sementara itu untuk proses seleksi formasi guru telah dilaksanakan semua tahapan baik untuk prioritas satu, prioritas dua, prioritas tiga dan pelamar umum.

"Hal ini telah kita laksanakan semuanya, untuk tenaga guru kita masih menunggu keputusan final atau pengumuman dari kemendiknas," ujarnya.

Kemudian untuk formasi tenaga kesehatan telah dilaksanakan tahapannya. Sementara untuk syarat pelamar adalah terdaftar di Sitem Informasi Sumber Daya Manusia kesehatan (SISDMK).

"Itu merupakan aplikasi yang dibuat Kemenkes, untuk data tenaga kesehatan yang honor di Pemerintah Kabupaten/Kota. Di Kota Payakumbuh yang terdaftar di SISDMK ini sebanyak 247 orang," ujarnya.

Pihaknya juga telah melaksanakan seleksi CAT untuk tenaga kesehatan dan dinyatakan sebanyak 115 yang lulus dan untuk lima formasi dinyatakan tidak terpenuhi karena tidak ada pelamar di formasi tersebut.

"Khusus untuk tenaga kesehatan juga sudah selesai untuk penerimaan berkasnya yang akan diunggah ke SIASN. Namun kita masih menunggu aplikasi ini berjalan dari BKN," kata dia.