Kelurahan Kampung Jua Nan XX Padang jadi lokasi MBKM Membangun Desa FMIPA Unand

id fmipa unand, kampus merdeka,kampus unand,berita unand,berita padang

Kelurahan Kampung Jua Nan XX Padang jadi lokasi MBKM Membangun Desa FMIPA Unand

Penutupan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Membangun Desa FMIPA Unand di Kampung Jul. (Antara/HO-FMIPA Unand)

Padang, (ANTARA) - Kelurahan Kampung Jua Nan XX Padang menjadi lokasi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Membangun Desa FMIPA Unand.

Pada penutupan kegiatan 31 Desember 2022 dilakukan penanaman bibit pohon secara simbolis di kaki Bukit Nobita yang merupakan kawasan wisata alam di daerah itu.

Kemudian dilanjutkan di Kantor Lurah Kampung Jua Nan XX dengan pameran produk-produk MBKM dari mahasiswa, pembagian souvenir, makan bajamba daun pisang yang disiapkan oleh masyarakat Kampung Jua dan diakhiri dengan acara penyerahan kembali mahasiswa dari pihak Kecamatan Lubuk Begalung ke pihak Universitas Andalas.

Ketua Mahasiswa MBKM Awalludin mengatakan penanaman bibit secara simbolis dilakukan sebagai aksi kepedulian dalam upaya pencegahan longsor di Bukit Nobita.

Dalam hal ini mahasiswa MBKM atas nama FMIPA Unand telah menyerahkan sebanyak 1.000 bibit pohon kepada pihak kelurahan, terdiri atas 500 bibit durian dan 500 campuran bibit sirsak, ketapang dan ketapang kencana.

Penyerahan bibit ini juga atas prakarsa dari lembaga kemahasiswaan UKMF KCA-LH Rafflesia FMIPA Unand.

Kegiatan MBKM Membangun Desa ini diikuti sebanyak 20 orang mahasiswa FMIPA dari berbagai prodi dan dimulai efektif ke lapangan sejak September sampai Desember 2022.

Kegiatan ini terintegrasi dengan program pengabdian bersama FMIPA Unand yang didanai oleh LPPM Unand.

Penempatan mahasiswa MBKM di sekitar kawasan wisata alam Bukit Nobita merupakan tindak lanjut dari komitmen Unand dalam mendukung Program Unggulan Kampung Tematik Pemko Padang.

Penanaman pohon pada kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Membangun Desa FMIPA Unand di Kampung Jul. (Antara/HO-FMIPA Unand)


Program pengabdian terintegrasi MBKM di Bukit Nobita yang dikelola oleh FMIPA ini difokuskan pada peningkatan daya tarik destinasi wisata dengan mengusung tema edukasi sains dan mendorong pemberdayaan potensi perekonomian dan pendidikan masyarakat melalui berbagai pelatihan dan penyuluhan.

Seluruh Prodi yang ada di FMIPA Unand, yaitu Biologi, Matematika, Kimia dan Fisika, mengambil peran dan kontribusinya sesuai kepakaran dan pengalaman yang dimiliki para dosen di masing-masing prodi.

Dalam program pengabdian terintegrasi MBKM juga dilaksanakan sejumlah kegiatan oleh mahasiswa bersama dosen, seperti penyerahan koloni Galo-Galo, praktikum kimia sederhana di SD kampung Jua, sosialisasi pembuatan sabun, handsanitizer, lilin beraroma dan batik ecoprinting, pengambilan sampel untuk penjernihan air.

Lalu, sosialisasi perkemahan matematika, sosialisasi pengolahan sampah organik dengan maggot, pengolahan sampah plastik menjadi ecobrick, kerajinan dari serabut kelapa dan cangkang telur, sosialisasi pembuatan ekoenzim, pemberian barcode pohon di jalan Bukit Nobita, serta usulan design gapura dan papan nama Bukit Nobita.

Semua kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk pengembangan eduwisata di Bukit Nobita yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan perekonomian dan pendidikan masyarakat Kampung Jua Nan XX.

Kegiatan penutupan MBKM di Kantor Lurah dihadiri langsung oleh Camat Lubuk Begalung Heriza Syafani Lurah Kampung Jua Nan XX Yuliar, Perwakilan Ninik Mamak 5 Suku dan Bundo Kanduang Kampung Jua, Tagana Lubuk Begalung Kota Padang, serta berbagai elemen masyarakat seperti LPM, Babinsa, RT dan RW Kampung Jua.

Dari pihak kampus Universitas Andalas dihadiri oleh Pokja Membangun Desa UPT Pembelajaran Di Luar Kampus (PDK) Dr Sosmiarti, Wakil Dekan I FMIPA Dr Mahdhivan Syafwan, Wakil Dekan II FMIPA Prof Syamsuardi, Manajer Bidang I FMIPA Dr Diana Vanda Wellia, Manajer Bidang II FMIPA Dr Muldarisnur, Ketua Departemen Fisika Dr Afdhal Muttaqin, Sekretaris Departemen Kimia Dr Syukri, Kaprodi S1 Biologi Dr Aadrean, Kaprodi S3 Ilmu Kimia Prof Dr Rahmayeni, para Dosen Pembimbing Lapangan, dan mahasiswa/i yang menjalankan Program MBKM di sekitar Kawasan Bukit Nobita.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I FMIPA Unand Dr Mahdhivam menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak pemerintah dan masyarakat Kampung Jua yang telah menerima dan memfasilitasi dengan baik mahasiswa yang melakukan MBKM di Kampung Jua ini.

"Atas nama institusi saya menyampaikan permohonan maaf jikalau ada kesalahan dan kekhilafan yang diperbuat mahasiswa selama mereka belajar bermasyarakat," kata dia.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Lubuk Begalung Heriza Syafani yang mengapresiasi Unand terkhusus para mahasiswa dan dosen FMIPA yang telah mendharmabaktikan ilmu dan kepakarannya di Kampung Jua ini.

Dalam acara penutupan tersebut juga ditayangkan video dokumentasi selama mahasiswa berkegiatan MBKM, dan penyerahan plakat sebagai kenang-kenangan oleh mahasiswa kepada Camat Lubuk Begalung dan Lurah Kampung Jua. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2023