Bukittinggi berikan dana hibah Guru Honor SMA, SMK dan SLB Swasta se-Bukittinggi

id Pemko Bukittinggi,Andre Rosiade,Erman Safar ,Bantuan guru honor di Bukittinggi,Berita Bukittinggi

Bukittinggi berikan dana hibah Guru Honor SMA, SMK dan SLB Swasta se-Bukittinggi

Anggota DPR RI Andre Rosiade bersama Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menyalurkan bantuan dan hibah kepada guru honor di Bukittinggi (Antara/Alfatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi menyerahkan bantuan untuk guru honor SMA , SMK dan SLB swasta se-Kota Bukittinggi yang diserahkan secara simbolis oleh Anggota DPR RI, Andre Rosiade dan Wali Kota Bukittinggi di Rumah Dinas, Senin.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menjelaskan pada 2022 ini Pemerintah Kota Bukittinggi menyalurkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dengan metode dana hibah bagi 500 guru honor dan siswa yang ber KK Bukittinggi pada jenjang pendidikan SMA/SMK dan SLB Swasta se Kota Bukittinggi.

Metode hibah digunakan, karena Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hanya menaungi sekolah negeri saja sehingga untuk sekolah swasta Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Bagian Kesra langsung menyalurkannya ke sekolah.

“Bantuan Keuangan Khusus ini merupakan bagian dari program Bukittinggi Hebat (Great Bukittinggi), yaitu Hebat dalam sektor pendidikan, yang juga dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2021-2026," kata Erman.

Besaran Bantuan Keuangan Khusus ini bervariasi, dan telah disesuaikan dengan jumlah iuran masing-masing sekolah.

"Sedangkan untuk guru honor, kami berikan tambahan penghasilan sebesar Rp 500.000 per bulan, dengan total anggaran Rp 3,6 Miliar,” ujarnya.

Khusus bagi sekolah swasta, Pemkot Bukittinggi memberikan subsidi iuran komite, siswa SMA swasta diberikan subsidi sebesar Rp 150 ribu per bulan, siswa SMK swasta diberikan subsidi maksimal Rp 200 ribu per bulan.

Anggota DPR RI, Andre Rosiade, mengapresiasi perjuangan Wali Kota Bukittinggi untuk membantu ekonomi warga.

“Kami akan memperjuangkan bantuan dari provinsi Sumatra Barat, hal ini akan diupayakan melalui anggota DPRD Provinsi, setidak-tidaknya diperjuangkan oleh Kepala Daerah," kata Andre.

Dalam kesempatan itu, Andre Rosiade juga menyatakan akan membantu pengadaan baju seragam bagi guru honor SMA, SMK dan SLB swasta se- Bukittinggi yang segera direalisasikan pada tahun 2023 mendatang.