Gandeng Perumda Air Minum Padang, PDAM Solok Selatan siap tingkatkan kualitas air

id perumda air minum padang,pdam tirta saribu sungai,solok selatan,sumbar

Gandeng Perumda Air Minum Padang, PDAM Solok Selatan siap tingkatkan kualitas air

Direktur Perumda Air Minum Padang Hendra Pebrizal menandatangani nota kesepahaman dengan PDAM Tirta Saribu Sungai Solok Selatan di Padang Aro, Rabu (25/10). (ANTARA/HO-Diskominfo Solok Selatan)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Saribu Sungai berupaya terus meningkatkan pelayanannya dalam menyalurkan air bersih kepada masyarakat di daerah itu.

Bupati Solok Selatan, Khairunas di Padang Aro, Kamis mengatakan salah satu upayanya adalah dengan melakukan melakukan kerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang.

"Kerja sama ini merupakan representasi komitmen dari pemerintah daerah untuk terus berbenah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Bupati menyebutkan saat ini cakupan pelayanan PDAM di Solok Selatan masih rendah dibandingkan dengan cakupan jumlah penduduk di daerah. Untuk itu, hal ini harus segera dilakukan percepatan agar seluruh penduduk bisa menikmati akses air bersih.

Direktur PDAM Tirta Saribu Sungai Sjamsuardi mengatakan kerja sama yang nota kesepahaman antara PDAM Tirta Saribu Sungai dengan Perumda Air Minum Padang telah ditandatangani pada Rabu (26/10) di Padang Aro, merupakan momentum dalam meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya dalam menyediakan air bersih dengan harapan menambah cakupan masyarakat.

"Seperti diketahui selama ini pelayanan air bersih belum sesuai harapan. Kita mulai berbenah memperbaikinya dari hulu sampai hilir," katanya.

Direktur Perumda Air Minum Padang Hendra Pebrizal menyebut Solok Selatan memiliki potensi sumber air bersih yang banyak dan layak.

Selain itu, katanya masih ada 3 kecamatan yang terjangkau akses air bersih atau sekitar 20 ribu sampai 30 ribu calon pelanggan yang potensial untuk pengembangan jaringan PDAM Tirta Saribu Sungai.

Pihaknya, katanya berkomitmen untuk membantu pembenahan dan memberikan ilmu yang dibutuhkan oleh PDAM Tirta Saribu Sungai hingga cakupan pelayanan publik makin meningkat.

"Dengan begitu berarti pemerintah sudah suskses memberikan layanan dasar kepada masyarakat," katanya.

Adapun kerja sama ini berlaku sejak ditandatangani hingga satu tahun ke depan. Meski demikian, peluang perpanjangan masih bisa dilakukan hingga tercapai tujuan yang diharapkan oleh kedua belah pihak.

Berdasarkan data BPS Solok Selatan per 31 Desember 2021 jumlah pelanggan PDAM Tirta Saribu Sungai sebanyak 13.755 pelanggan. Didominasi oleh pelanggan rumah tangga sebanyak 12.438 pelanggan.

Sementara dari peralatan yang dimiliki, saat ini memiliki kapasitas produksi terpasang mencapai rata-rata 19 liter per detik dan kapasitas produksi terpakai rata-rata sebesar 10 liter per detik.