KPU Padang Pariaman sosialisasikan Pemilu kepada pemilih pemula melalui lomba video vlog

id Pemilih pemula pariaman, kpu pariaman,sosialisasi

KPU Padang Pariaman sosialisasikan Pemilu kepada pemilih pemula melalui lomba video vlog

Ketua KPU Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar Zulnaidi (tengah). (ANTARA/Aadiaat MS)

Parit Malintang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat menyosialisasikan terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kepada pemilih pemula di daerah itu melalui lomba video vlog dengan hadiah jutaan rupiah.

"Lomba video vlog ini untuk Duta Demokrasi KPU Padang Pariaman yang ada di 33 SMA sederajat dan pesantren di Padang Pariaman," kata Ketua KPU Padang Pariaman Zulnaidi di Parik Malintang, Minggu.

Duta demokrasi tersebut merupakan perpanjangan tangan KPU Padang Pariaman dalam memberikan sosialisasi terkait Pemilu kepada siswa lainnya di sekolah atau di tempat mereka belajar.

Untuk menggali pengetahuan dan kreativitas para duta demokrasi tersebut terkait Pemilu maka KPU Padang Pariaman menggelar lomba membuat video vlog.

Tujuannya yaitu untuk menarik perhatian para pemilih pemula yang ada di Padang Pariaman sehingga tidak saja mengetahui terkait Pemilu 2024 namun juga memahami pentingnya pesta demokrasi itu bagi mereka.

Pendaftaran lomba video vlog tersebut dimulai dari 5 sampai dengan 25 September 2022, lalu tahapan verifikasi mulai dari 6 sampai 30 September, dan tahapan penilaian warganet dan proses unggah mulai dari 6 September sampai 10 November.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat membantu menyosialisasikan terkait Pemilu serta menyampaikan pentingnya memberikan hak suara pada hari pemilihan.

Divisi Sosialisasi KPU Padang Pariaman Erik Eksrada mengatakan Duta Demokrasi merupakan duta menyosialisasikan terkait Pemilu kepada pemilih pemula baik di sekolah maupun di lingkungannya.

"Duta Demokrasi ini membuat video vlog dengan durasi pendek terkait dengan pentingnya Pemilu di kalangan Pemilih Pemula," ujarnya.

Ia menyampaikan untuk saat ini lomba video vlog masih di tingkap Duta Demokrasi namun tidak menutup kemungkinan nantinya akan dilaksanakan untuk masyarakat umum.

Pihaknya mengharapkan dengan adanya Duta Demokrasi yang merupakan pemilih pemula maka sosialisasi terhadap kelompok usia tersebut lebih memahami dan tertarik untuk memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024.

Diketahui KPU Padang Pariaman tidak saja melaksanakan sosialisasi terkait Pemilu 2024 di SMA sederajat dan pesantren di daerah itu namun memberikan edukasi dalam pelaksanaan pemilihan Ketua Osis. *