Ketum Kadin Sumbar Ramal Soleh dorong Kadin Payakumbuh rangkul semua pelaku usaha

id Kadin Sumbar,Berita sumbar,Musyawarah Kota ke V Kadin Kota Payakumbu

Ketum Kadin Sumbar Ramal Soleh dorong Kadin Payakumbuh rangkul semua pelaku usaha

Ketua Kadin Sumbar Ramal Soleh saat pelaksanaan Musyawarah Kota ke V Kadin Kota Payakumbuh yang dilaksanakan di salah satu Hotel di Kota Payakumbuh, Rabu (29/6). (Antara/Akmal Saputra)

Payakumbuh (ANTARA) - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sumatera Barat Ramal Soleh mendorong pengurus Kadin Kota Payakumbuh dapat merangkul semua pelaku usaha untuk bergabung dengan organisasi pengusaha Indonesia tersebut.

"Kita mendorong agar Kadin Kota Payakumbuh yang merupakan perpanjangan tangan kita dapat merangkul seluruh pelaku usaha untuk menjadi anggota dan bekerja sama dengan Kadin," kata Ramal Saleh usai pelaksanaan Musyawarah Kota ke V Kadin Kota Payakumbuh, Rabu.

Pada pelaksanaan Musyawarah Kota ke V Kadin Kota Payakumbuh yang dilaksanakan di salah satu Hotel di Kota Payakumbuh, Rabu (29/6) Asmel Arianto terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kadin Kota Payakumbuh periode 2022-2027.

Hadir dalam kesempatan itu Staf Ahli bidang SDA Kota Payakumbuh Elvi Jaya dan Dirut PAM Tirta Sago Payakumbuh Khairul Ikhwan.

Ramal mengakui bahwa saat ini masih banyak pelaku usaha yang belum paham tentang Kadin sehingga memang diperlukan usaha yang lebih dari pengurus untuk menyosialisasikannya kepada pelaku usaha.

"Ke depan itu terdapat tantangan besar bagi para pelaku usaha sehingga memang diperlukan rumah atau organisasi yang akan membantu melancarkan bidang usaha masing-masing," ujarnya.

Untuk Kadin Sumbar sendiri, katanya, beberapa waktu lalu telah melahirkan beberapa inovasi baru dengan membentuk Wakil ketua Umum Bidang Perpajakan.

"Bidang ini hadir setelah melihat adanya kawan-kawan kita yang bermasalah dengan pajak bahkan sampai masuk penjara. Hal ini karena ketidak tahuan atau kelalaian dari para pelaku usaha," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan empat kali classroom terkait pajak bekerjasama dengan Kanwil Pajak Sumbar dan Jambi.

"Ini yang akan terus menerus kita lakukan sehingga semua pengusaha ini melek pajak. Sehingga tidak ada lagi yang tersangkut masalah karena pajak," katanya didampingi Waketum Koordinator Kadin Sumbar Wilayah 2 Masrizal Mamak dan Wilayah 1 Gusfen Khairul.

Selain itu, Kadin Sumbar juga akan menghadirkan bidang perizinan atau investasi, sebab masih didapatinya pengusaha atau investor yang bermasalah dengan hal tersebut.

"Kalau sudah ada waketum bidang investasi ini tentu dia yang akan langsung berhadapan dengan dinas perizinan. Hal ini juga akan ditindaklanjuti oleh Kabupaten/Kota," ungkapnya.

Sementara itu, Kadin Kota Payakumbuh periode 2022-2027 Asmel Arianto mengatakan bahwa pihaknya akan seirama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh untuk merangkul semua pelaku usaha.

"Kita akan membuat suasana baru di Kadin Kota Payakumbuh. Pekerjaan rumah kita saat ini bagaimana merangkul semua pelaku usaha bergabung dengan Kadin Kota Payakumbuh," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa nantinya seluruh pelaku usaha dan pelaku UMKM di Kota Payakumbuh yang terdata di Pemerintah Kota Payakumbuh akan diajak untuk bergabung dan bekerja sama dengan Kadin Kota Payakumbuh.