Polda Sumbar pastikan kesiapan personel Operasi Ketupat Singgalang 2022

id Polda sumbar

Polda Sumbar pastikan kesiapan personel Operasi Ketupat Singgalang 2022

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa (tengah) meninjau kesiapan Pos Operasi Ketupat Singgalang 2022 di Malibou Anai, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. ANTARA/Aadiaat M. S.

Parik Malintang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) memastikan kesiapan personel polisi di wilayahnya dalam menyambut libur lebaran 2022 dengan mempersiapkan pos Operasi Ketupat Singgalang.

"Di Sumbar kami membentuk 89 pos Operasi Ketupat Singgalang yang terdiri dari 1 pos terpadu, 54 pos pengamanan, dan 34 pos pelayanan," kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa saat meninjau pos Operasi Ketupat Singgalang 2022 di Malibou Anai, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat.

Pos pelayanan yang dibentuk bertujuan untuk membantu pengendara pada libur lebaran sedangkan pos pengamanan dibentuk untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Ia mengatakan pentingnya kesiapan personel serta pihak yang berkontribusi pada pos tersebut karena adanya prediksi peningkatan arus mudik pada tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Meskipun menurutnya telah terjadi peningkatan arus mobilitas kendaraan di Sumbar namun belum signifikan dan tidak terdata dengan baik.

"Pintu masuk Sumbar kan banyak ya dan di Sumbar juga tidak ada tol jadi menghitung secara statistik (data) sulit," katanya.

Ia menyampaikan untuk menyambut libur lebaran pihaknya berkerjasama dengan sejumlah pihak mulai dari TNI, Satpol PP, pemadam kebakaran, petugas kesehatan, hingga komunitas bahkan menyediakan alat berat untuk mengantisipasi terjadinya bencana.

"Di sejumlah titik rawan longsor itu kami siapkan alat berat karena memang hujan diprediksi BMKG terjadi hingga akhir bulan," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan belum adanya laporan kecelakaan dalam dua hari ini. Namun ia tetap meminta pengendara untuk tetap berhati-hati, mematuhi aturan lalu lintas serta mengutamakan toleransi berkendara.

Ia juga meminta pemudik dan wisatawan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar pandemi COVID-19 yang sudah turun tidak meningkat lagi.

Ia juga membahas terkait dengan memprioritaskan mobilitas truk membawa barang kebutuhan pokok saat lebaran agar logistik masyarakat tetap terjaga.