Tingkatkan kekebalan tubuh anak, Pemkab Pasbar canangkan pekan imunisasi

id pemkab pasbar,pekan imunisasi pasbar

Tingkatkan kekebalan tubuh anak, Pemkab Pasbar canangkan pekan imunisasi

Pemkab Pasaman Barat saat melakukan pencanangan Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Rabu.​​​​​​​ (Antara/Altas Maulana).

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mencanangkan Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dalam upaya meningkatkan pencapaian imunisasi di daerah itu, Rabu.

"Kita mengusung sehat keluarga, lewati pandemi dengan imunisasi lengkap," kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat Jon Hardi di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan imunisasi merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sejumlah penyakit.

Untuk itu, katanya seluruh komponen harus bersama-sama bagaimana mengajak masyarakat untuk imunisasi lengkap untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Gerakan PID telah kita mulai dan untuk BIAN akan dimulai pada Mei nanti," katanya.

Ia berharap dukungan semua pihak bersama-sama melakukan upaya maksimal dalam pencapaian imunisasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumbar Yuliusman mengatakan selama pandemi COVID-19 terjadi penurunan capaian imunisasi di Sumbar.

"Terjadi penurunan 19 persen tingkat imunisasi di Sumbar atau 157 ribu balita belum lengkap melaksanakan imunisasi," katanya.

Dengan momentum pekan imunisasi ini diharapkan nanti tingkat capaian imunisasi di Pasaman Barat dan Sumbar dapat meningkat kembali.

Sementara itu Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengatakan Pemkab mendukung penuh pekan imunisasi yang dicanangkan.

"Jangan takut imunisasi dan mari bersama-sama mengajak anak-anak kita untuk melakukan imunisasi lengkap," ajaknya.

Sebab, katanya anak-anak merupakan masa depan bangsa yang harus dijaga termasuk kesehatannya.

"Kepada semua camat, walinagari dan tenaga kesehatan dan orang tua agar mengajak anak-anak untuk melakukan imunisasi," ujarnya.

Apalagi, katanya imunisasi bisa melindungi anak dari sejumlah penyakit diantaranya TBC, difteri, pertusis, tetanus, hepatitis, campak, rubella dan polio.

"Saat ini ada sekitar 45. 158 orang anak yang belum melaksanakan imunisasi lengkap di Pasaman Barat.

Diperlukan kolaborasi semua pihak untuk menaikkan cakupan capaian imunisasi," katanya.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan imunisasi kepada anak-anak dan pelepasan balon tanda pekan imunisasi dimulai yang juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Ketua TP PKK, Ketua GOW dan sejumlah pihak terkait lainnya