Pemkot Sawahlunto Tingkatkan Koordinasi Dengan KPU Persiapkan Pilkada 2024

id Pemkot Sawahlunto,KPUD Sawahlunto

Pemkot Sawahlunto Tingkatkan Koordinasi Dengan KPU Persiapkan Pilkada 2024

Pj Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan berdiskusi bersama jajaran Komisioner KPUD Sawahlunto membahas persiapan Pilkada 2024. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menerima audiensi jajaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sawahlunto yang melaporkan kondisi terkini terkait persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

"Dalam upaya meningkatkan persiapan penyelenggaraan tahapan-tahapan Pilkada, audiensi dengan KPUD tadi adalah komitmen sinkronisasi dan koordinasi agar tidak ada miskomunikasi atau perbedaan informasi. Terima kasih kepada teman-teman KPUD Sawahlunto yang sudah menyampaikan banyak penjelasan mengenai perkembangan kinerja menghadapi Pilkada," kata Pj Wali Kota Fauzan Hasan, di Sawahlunto, Kamis.

Ia menyatakan Pemkot Sawahlunto siap berkoordinasi mendukung KPUD Sawahlunto melaksanakan Pilkada yang lancar dan sesuai regulasi.

"Pemkot Sawahlunto berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada KPUD. Memang kalau secara anggaran, kita harus menyesuaikan dengan kondisi APBD. Namun di luar itu, Pemkot Sawahlunto berkomitmen untuk melakukan berbagai cara agar tetap dapat mendukung KPUD dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan baik pada Pilkada nanti," katanya.

Menurut Pj Wali Kota Fauzan Hasan nantinya terkait teknis bagaimana dukungan yang dilakukan Pemkot diluar dana hibah dapat dilaksanakan dengan saling berkoordinasi.

"Intinya Pemkot pasti tidak akan tinggal diam apabila KPUD mengalami kendala dalam bekerja. Silahkan koordinasikan, nanti bersama-sama kita musyawarahkan apa langkah terbaik sebagai solusi dari kendala tersebut, saya pastikan bahwa Pemkot akan ambil bagian untuk berkontribusi dalam solusi itu," kata dia.

Sementara untuk besaran dana hibah yang diberikan Pemkot Sawahlunto untuk KPUD yakni senilai Rp10.250.000.000,-.

Ketua KPUD Sawahlunto Hamdani mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pj Wali Kota Fauzan Hasan atas sambutan dan kesediaan dalam menindaklanjuti dukungan pada kendala atau keterbatasan yang sedang dihadapi KPUD.

"Untuk agenda terkini yang sedang dilaksanakan KPUD Sawahlunto adalah pembukaan pendaftaran untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada. Setelah itu ada rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Sawahlunto hasil Pemilu 2024," ujarnya merinci.