Pemkot Bukittiggi siapkan puluhan amplop zakat untuk menolong warga setiap hari

id amplop zakat,bukittinggi,erman safar

Pemkot Bukittiggi siapkan puluhan amplop zakat untuk menolong warga setiap hari

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar saat bercengkerama dengan warga yang menerima zakat. (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menyiagakan puluhan amplop zakat setiap harinya yang akan diberikan langsung kepada warga yang berhak menerima setiap kali pemimpin daerah Kota Wisata itu melakukan kunjungan kerja ke masyarakat.

Salah satunya, beberapa Zakat diberikan kepada puluhan jamaah Masjid Jamik Tarok secara langsung tanpa direncanakan sebelumnya saat kegiatan Tim Safari Ramadan (TSR), Rabu (06/04) malam.

"Kami sengaja selalu menyiapkan sekitar 40 amplop berisi uang zakat yang dihimpun BAZNAS Bukittinggi untuk disalurkan langsung kepada penerima yang berhak dan tergabung dalam Asnaf Delapan," kata Erman Safar.

Ia mengatakan puluhan amplop zakat itu selalu dibawa setiap kali mengunjungi masyarakat di Bukittinggi untuk memberikan secara langsung agar dapat dimanfaatkan.

"Juga untuk sebagai langkah nyata titipan zakat diterima langsung oleh yang berhak menerima, sejak beberapa bulan lalu kami persiapkan dan dibawa saat berinteraksi dengan warga," kata dia.

Wali Kota menegaskan kepada jamaah yang menerima zakat bahwa memang termasuk kepada Asnaf Delapan yang berhak menerima zakat.

"Pastikan yang menerima adalah salah satu dari Fakir, Miskin, Amil Zakat, Mualaf, Hamba Sahaya, Gharimin, Fisabilillah atau Ibnu Sabil," kata dia.

Kepala Pelaksana BAZNAS Bukittinggi, Muhammad Defrisal mengatakan amplop berisi titipan zakat itu memang selalu dibawa untuk mendampingi kegiatan Wako.

"Seperti yang disampaikan Wako bahwa pembangunan kesejahteraan masyarakat lebih diutamakan saat ini, maka bantuan langsung kepada warga dari zakat ini selalu disiapkan saat Wako berjalan di tengah masyarakat," katanya.

Menurutnya, nilai zakat yang disiapkan dalam amplop itu berbeda dan disesuikan dengan kebutuhan dan keadaan mendesak warga.

"Seperti pemberian zakat kepada warga miskin apalagi terkena musibah semisal kebakaran dan semacamnya," kata dia.

Sebelum diserahkan langsung kepada warga, ia juga melakukan verifikasi dan klarifikasi kepantasan penerima termasuk ke dalam Asnaf Delapan.

Selain memberikan zakat, wali kota bersama rombongan TSR juga mensosialisasikan kembali program pemerintah yang ditujukan membantu warga seperti Tabungan Utsman dan imbauan kepada pengurus masjid di Bukittinggi untuk pengadaan program Takjil gratis selama Ramadan.