Sungai meluap di Pasaman Barat rendam puluhan rumah

id Pasaman Barat,Sumbar,Banjir

Sungai meluap di Pasaman Barat rendam puluhan rumah

 Jorong Aek Napal Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat terendam air akibat meluapnya Sungai di daerah itu, Sabtu (18/12) pagi. (A Attachments area (Antara/ HO PMI Pasaman Barat).)

Simpang Empat (ANTARA) - Dua sungai di Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat meluap akibat tingginya curah hujan di daerah itu, Sabtu (18/12) pagi membuat puluhan rumah terendam.

Ketua Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat Rida Warsa di Simpang Empat, Sabtu pagi mengatakan dua sungai yang meluap itu adalah Sungai Batang Batahan dan Sungai Batang Taming.

Meluapnya air sungai itu dipicu hujan lebat yang terjadi sejak Jumat (17/12) sore hingga Sabtu (18/12).

Akibat meluapnya air sungai itu, katanya menyebabkan puluhan rumah warga terendam setinggi 70 senti meter sampai 150 senti meter.

Selain itu tiga unit rumah warga hanyut di Jorong Aek Napal Ranah Batahan. Hingga Sabtu pagi ini belum ada ditemukan korban jiwa pada musibah itu.

"Anggota relawan PMI sudah turun kelapangan bersama instansi lain memberikan bantuan kepada warga," katanya.

Selain itu genangan air menyebabkan akses lalu-lintas di wilayah Kampung Baru terhalang dan terhambat.

Ia menjelaskan meluapnya Sungai batang Batahan menyebabkan daerah yang terdampak adalah Jorong Kampung Baru mengakibatkan akses ke Jorong Aek Napal dan Jorong Taming Batahan terhalang.

Kemudian di Jorong Aek Napal tiga tiga unit rumah hanyut dan beberapa rumah warga di genangi air.

Selanjutnya Sungai Hatang Taming yang bermuara ke Sungai Batang Hatahan tepat di sisi barat Jorong Aek Napal berdampak kepada Jorong Taming Batahan mengakibatkan rumah warga digenangi air.

"Mudah-mudahan air cepat surut dan tidak ada korban jiwa pada musibah itu. Warga diharapkan tetap waspada terhadap bencana karena cuaca ekstrim," katanya.