Sebesar ini Pemkab Tanah Datar salurkan dana bantuan pendidikan untuk 451 mahasiswa/pelajar

id berita tanah datar,berita sumbar,dana

Sebesar ini Pemkab Tanah Datar salurkan dana bantuan pendidikan untuk 451 mahasiswa/pelajar

Bupati Tanah Datar, Eka Putra serahkan bantuan pendidikan secara simbolis kepada Nindya Nuriesta Prilly mahasiswa semester 7 Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. (Antarasumbar/Etri Saputra)

Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya dan jaga akhlak,
Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat salurkan bantuan pendidikan sebesar Rp1,2 Millar rupiah kepada 451 pelajar dan mahasiswa di daerah itu.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra di Batusangkar, Rabu, mengatakan bantuan pendidikan rutin dianggarkan setiap tahun mengingat sektor pendidikan salah satu sektor prioritas pembangunan di Kabupaten Tanah Datar.

Ia berharap kepada para pelajar dan mahasiswa penerima bantuan pendidikan untuk terus semangat menuntut ilmu setinggi mungkin hingga menjadi harapan masyarakat Tanah Datar dimasa depan.

"Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya dan jaga akhlak, kalian adalah harapan masyarakat Tanah Datar di masa depan, dan persiapkan diri menghadapi Indonesia emas pada 100 tahun Indonesia merdeka tahun 2045," katanya.

Ia juga mengatakan selain bantuan pendidikan Pemkab Tanah Datar juga memberikan dana hibah kepada masjid, lembaga atau organisasi masyarakat dengan total anggaran sebesar Rp2 Milyar lebih.

Kepala Bagaian (Kabag) Kesra Tanah Datar, Afrizon mengatakan bantuan sosial tersebut pada tahun sebelumnya berada dalam wewenang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Namun sesuai regulasi dan aturan berlaku kegiatan itu dipindahkan ke bagian kesra dan bisa disalurkan pada tahun ini.

"Alhamdulillah proposal yang masuk dari 2019 dan 2020 bisa kita realisasikan tahun ini dengan total bantuan sosial sebesar Rp3.269.503.000," katanya.

Ia mengatakan adapun bantuan sosial untuk biaya pendidikan tersebut tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Tanah Datar.

Yakni di Kecamatan X Koto sebanyak 170 orang, Batipuh 30 orang, Batipuh Selatan 12 orang, Pariangan 52 orang, Rambatan 45 orang, Lima Kaum 50 orang, Tanjung Emas 132 orang, Padang Ganting 42 orang.

Kecamatan Lintau Buo 16 orang, Lintau Buo Utara 32 orang, Sungayang 14 orang, Sungai Tarab 34 orang, Salimpaung 54 orang dan Tanjung Baru 11 orang.***3***

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021