Hari ini, kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat catat rekor tertinggi yakni 70 orang

id berita pasaman barat,berita sumbar,covid

Hari ini, kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat catat rekor tertinggi yakni 70 orang

Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto, didampingi Kepala Dinas Kesehatan setempat Jon Hardi dan Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Decky H Syahputra saat menyampaikan penambahan kasus positif tertinggi hari ini sebanyak 70 orang. (Antarasumbar/Altas Maulana)

70 orang itu merupakan pasien yang kontak langsung dengan pasien positif sebelumnya,
Simpang Empat (ANTARA) - Kasus posiitif COVID-19 di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mencatatkan rekor tertinggi hari ini dengan 70 orang terkonfirmasi positif, Rabu.

"70 orang itu merupakan pasien yang kontak langsung dengan pasien positif sebelumnya," kata Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto didampingi Kepala Dinas Kesehatan setempat Jon Hardi dan Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Decky H Syahputra di Simpang Empat, Rabu.

Menurutnya pertambahan kasus itu merupakan kasus tertinggi yang terjadi sejak adanya wabah COVID-19 ini.

Ia menyebutkan diketahuinya penambahan kasus itu berdasarkan hasil dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang berdasarkan hasil tes usap atau swab test yang dilakukan disejumlah puskesmas di daerah itu.

"Saat ini pasien sedang menjalani pemeriksaan di RSUD Pasaman Barat untuk memastikan kondisi pasien apakah hanya Orang Tanpa Gejala, gejala ringan atau ada penyakit bawaan," sebutnya.

Pihaknya merencanakan akan melakukan isolasi pasien di Balai Diklat BKPSDM Talu dan isolasi mandiri di nagari atau desa yang telah disediakan sebelumnya.

"Jika tidak ada gejala maka pasien akan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing," katanya.

Terkait penambahan kasus itu, pihaknya langsung melakukan pelacakan atau traking dan testing terhadap warga yang kontak langsung dengan pasien yang terkonfirmasi positif.

Ia mengajak kerjasama dalam menghambat penularan COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dengan 6M seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, Selalu memakai masker dengan benar, menjaga jarak, nenjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas serta melaksanakan vaksinasi.

Hingga Rabu (28/7) total kasus COVID-19 di Pasaman Barat mencapai 1.595 orang.***3***