Jalan penghubung Kabupaten di Ganggo Mudiak Pasaman yang putus akibat longsor telah dapat dilalui roda dua (Video)

id berita pasaman,berita sumbar,putus

Jalan penghubung Kabupaten di Ganggo Mudiak Pasaman yang putus akibat longsor telah dapat dilalui roda dua (Video)

Tanah longsor sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua di Bonjol. (Antarasumbar/Septria Rahmat)

Benar, kejadian longsor pada hari Kamis (29/4) pukul 21.00 WIB malam, putus total tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua hingga kendaraan roda empat,
Lubuksikaping (ANTARA) - Jalan penghubung kabupaten di Jorong Koto Tangah, Nagari Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) telah dapat dilalui kendaraan roda dua yang sebelumnya putus akibat longsor di daerah itu.

"Benar, kejadian longsor pada hari Kamis (29/4) pukul 21.00 WIB malam, putus total tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua hingga kendaraan roda empat," kata salah seorang warga Koto Tangah, Roni di Bonjol, Jum'at, pagi.

Sebenarnya semalam masyarakat ingin melakukan pembersihan tanah yang longsor namun tidak bisa sebab gelap dan hujan masih cukup deras.

Ia mengatakan pada hari Jumat (30/4) pukul 07.00 WIB, hujan telah berhenti dan warga setempat melakukan pembersihan tanah longsor dengan swadaya.

Pembersihan tersebut menggunakan alat seperti cangkul dan parang.

Sementara Bupati Pasaman, Benny Utama mengatakan target hari ini pembersihan tanah longsor selesai secara total, Insyaallah sore sudah bisa dilalui kendaraan roda empat.

Kepada pengendara sepeda motor agar berhati-hati melewati jalan karena jalan cukup licin.

Kesempatan lain Kabid Bina Marga PUTR Kabupaten Pasaman, Khairul Amri mengatakan semalam kita mendapatkan informasi dari warga bahwa pada pukul 21.00 WIB ada kejadian longsor di Jorong Koto Tangah, untuk korban jiwa tidak ada.

Penggunaan alat berat excavator dari semalam belum bisa digunakan untuk pembersihan sebab masih hujan deras dan berisiko kalau digunakan.

"Saat ini kita menunggu alat berat karena alat berat excavator sedang menuju ke lokasi longsor," ujarnya.