Kota Solok peroleh piagam penghargaan Innovative Government Award 2020

id Berita Solok, berita Sumbar, Pemkot, Solok

Kota Solok peroleh piagam penghargaan Innovative Government Award 2020

Wali Kota Solok Zul Elfian (Kiri) (Antara/HO)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat memperoleh piagam penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai salah satu kategori kota yang sangat inovatif.

Penghargaan yang diterima pemerintah Kota Solok tersebut diwakili oleh Sekretaris Daerah Syaiful dalam acara penganugerahan yang digelar di Jakarta, Jumat (18/12).

Terkait penerimaan piagam penghargaan tersebut, Wali Kota Solok Zul Elfian di Solok, Sabtu mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan terutama seluruh Aparatur Pemerintah Kota Solok di bawah komando Sekda dan koordinasi balitbang Kota Solok yang tidak pernah berhenti berinovasi dalam upaya efektivitas dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat.

"Terimakasih karena terus berinovasi, tentunya saya harapkan tidak berhenti pada tataran apresiasi ini," kata dia.

Menurut dia yang terpenting pada tataran aplikasinya di tengah-tengah masyarakat sehingga dapat dirasakan manfaatnya dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Solok kota Beras Serambi Madinah.

Di samping itu, Sekretaris Daerah Syaiful yang sempat hadir dalam kesempatan itu mengatakan bahwa piagam Innovative Government Award (IGA) yang diterima adalah Kategori Pemerintah Daerah Sangat Innovatif berdasarkan Indeks Penilaian Inovasi Daerah 2020.

"Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi Pemerintah kepada Pemerintah Kota Solok atas upaya Pemerintah Kota Solok yang terus menerus dan konsisten berinovasi dalam menjalankan dan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahnya" kata Syaiful menerangkan.

Selain itu, menurut dia keberhasilan pemerintah Kota Solok dalam meraih penghargaan sebagai pemerintah daerah sangat inovatif tidak terlepas dari kerja sama seluruh unit kerja pemerintah daerah yang digawangi oleh sumber daya aparatur yang kreatif dan mampu melahirkan cara-cara baru dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Solok.

Sehingga mempermudah pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang berdampak pada meningkatnya partisipasi publik baik dalam hal meminta pelayanan pemerintahan maupun dalam investasi di daerah.

"Tentunya diharapkan melalui peningkatan kinerja, daerah akan mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat, yaitu melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan peran serta masyarakat, terakhir dengan apa yang disebut peningkatan daya saing daerah" kata dia.