Nagari Jawi-Jawi Solok ikut penilaian kampung KB tingkat nasional

id Nagari Jawi-Jawi Solok, ikut penilaian, kampung KB, tingkat nasional

Nagari Jawi-Jawi Solok ikut penilaian kampung KB tingkat nasional

Nagari (Desa) Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat saat mengikuti penilaian kampung KB tingkat nasional. (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok, Sumbar (ANTARA) - Nagari (Desa) Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat terpilih mewakili provinsi itu untuk mengikuti penilaian kampung Keluarga Berkualitas (KB) tingkat nasional tahun 2024.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur karena kampung KB kami bisa terpilih untuk ikut wawancara Kampung Keluarga Berkualitas tingkat nasional tahun 2024 di Nagari Jawi-Jawi Guguk secara daring," kata Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB, Nagari Jawi-Jawi Guguk Lasperman di Solok, Selasa.

Ia memaparkan kampung KB Nagari Jawi-Jawi memiliki keunggulan di antaranya seperti memiliki kampung inggrih atau kampung Inggris, yakni memiliki banyak kunjungan dari turis luar negeri, serta sarana bagi pemuda-pemudi untuk belajar bahasa asing dari kedatangan para turis ke Nagari Jawi-Jawi.

Selain itu, ia juga menyebutkan beberapa program unggulan lainnya seperti mempercepat urusan administrasi masyarakat berupa mempermudah kegiatan masyarakat mengurus KTP, KK, akta kelahiran dan lain sebagainya.

Nagari jawi-jawi juga dikenal dengan kegiatan makan bajamba yang selalu dilaksanakan pada kegiatan besar seperti baralek (pesta) nagari, pawai dan beberapa kegiatan lainnya.

Sejumlah fakta serta manfaat yang telah dirasakan oleh masyarakat dengan kegiatan Kampung KB Jawi-jawi seperti meningkatkan indeks pembangunan keluarga nagari sebesar 78 persen, menurunkan angka stunting dari 15 orang menjadi sembilan orang di Nagari Jawi-Jawi Guguak, meningkatkan ekonomi masyarakat, dan masih banyak manfaat lainnya.

Camat Gunung Talang Riswandi Baharuddin mengucapkan terima kasih kepada Kepala BKKBN Sumbar dan dinas-dinas terkait di Kabupaten Solok yang telah memberikan bimbingan serta arahan kepada kampung KB nagari Jawi-Jawi Guguak sehingga bisa tampil di tingkat nasional pada hari ini.

"Mudahan-mudahan dengan kegiatan yang kita lakukan ini bisa membuahkan hasil yang maksimal dan bisa masuk ke tiga besar tingkat nasional," ucapnya.

Ia juga berharap kepada seluruh kader dan jajaran pemerintah Nagari Jawi-Jawi agar selalu berkontribusi untuk menuju nagari yang berkualitas.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat Fatmawati meminta dukungan dan bantuan terus kepada pemerintah kabupaten dan dinas terkait agar selalu memberikan fasilitas yang cukup kepada Kampung KB Nagari Jawi-Jawi Guguak.

"Alhamdulillah telah selesai kita laksanakan wawancara bersama juri yang ada di pusat mengenai kampung KB Berkualitas untuk tahun 2024 di Nagari Jawi-Jawi, kita sangat berharap wawancara pada hari ini akan menentukan untuk menjadi tiga besar tingkat nasional," katanya.