LLDIKTI Wilayah III kunjungi LLDIKTI Wilayah X untuk studi banding jurnal elektronik

id Berita Solok, berita Sumbar, LL DIKTI

LLDIKTI Wilayah III kunjungi LLDIKTI Wilayah X untuk studi banding jurnal elektronik

LLDIKTI Wilayah III kunjungi LLDIKTI Wilayah X untuk studi banding jurnal elektronik (Antara/HO)

Padang, (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III mengunjungi LLDIKTI Wilayah X dalam rangka untuk studi banding pengelolaan jurnal elektronik.

Kabag Akademik dan Kemahasiswaan LL DIKTI Wilayah X Ely Susanti di Padang, Senin mengatakan ada 10 jurnal elektronik yang dikelola di LLDIKTI Wilayah X. Untuk pengelolaannya, LLDIKTI Wilayah X bekerja sama dengan perguruan tinggi serta beberapa reviewer internasional dari Malaysia dan Thailand.

“LLDIKTI Wilayah X memiliki 10 jurnal elektronik. Sembilan di antaranya sudah terakreditasi Sinta, grade tiga dan empat. Pengelola jurnal elektronik di LLDIKTI Wilayah X, terdiri atas berbagai perguruan tinggi serta beberapa reviewer artikel jurnal internasional dari Malaysia dan Thailand,” kata Ely menjelaskan.

Ely mengatakan jurnal versi cetak pertama di LLDIKTI Wilayah X, yaitu jurnal IPTEKS terapan pada tahun 2007. Dalam perkembangannya, tahun 2013 diikuti oleh Jurnal Sains dan Informatika: Research of Science and Informatic, Jurnal Kependidikan: Kajian Ilmiah Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Jurnal Sosial dan Humaniora, dan Jurnal Kesehatan.

Sekain itu Ely juga mengatakan pada tahun 2015 jurnal cetak bertransformasi menjadi jurnal online berbasis Open Journal System (OJS). Tujuannya adalah untuk dapat mengotomatisasikan proses pengiriman artikel, review, revisi, diskusi reviewer dan editor, penulis dengan editor, dan editing.

Tidak hanya itu, jurnal berbasis OJS juga sangat memudahkan pengguna untuk mengakses jurnal sebagai referensi ilmiah. Artikel jurnal pun dapat diarsipkan dengan baik.

10 jurnal elektronik LLDIKTI Wilayah X dapat diakses pada tautan http://ejournal.lldikti10.id/. Jurnal tersebut adalah Jurnal IPTEKS Terapan, Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, Jurnal Katalisator.

"Kemudian, Jurnal Kata, Jurnal Sains dan Informatika: Research of Science and Informatic, Curricula: Journal of Teaching and Learning, Soumatera Law Review, Jurnal BibieT, dan Journal of Dynamics (International Journal of Dynamics in Engineering and Sciences)," kata dia.

Menanggapi hal itu, Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Dr Suriel Mofu dan Kabag Kelembagaan LLDIKTI Wilayah III mengapresiasi kinerja LLDIKTI Wilayah X dalam membangun dan mengembangkan jurnal elektronik. Ini merupakan kontribusi signifikan dalam pengembangan pendidikan tinggi.

“Sungguh kontribusi dan dedikasi yang luar biasa yang dilakukan LLDIKTI Wilayah X. Menciptakan surga pendidikan tinggi, jurnal tempat bermuaranya hasil pemikiran dosen,” kata Mofu. (*)