BEM UNP gelar kegiatan belajar sambil bermain

id UNP, pengabdian masyarakat,anak pantai,belajar sambil bermain,kampus merdeka

BEM UNP gelar kegiatan belajar sambil bermain

Anak-anak yang sedang mengikuti kegiatan belajar sambil bermain yang digelar oleh BEM KM FBS UNP di Pantai Gajah, Air Tawar Barat Kota Padang, Minggu (30/8). (Antara/doc. UNP)

Padang (ANTARA) - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Bahasa Dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar kegiatan belajar sambil bermain sebagai bentuk pengabdian masyarakat kepada anak-anak yang bermukim di kawasan pantai.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini digelarnya di pantai Gajah, Air Tawar Barat Kota Padang, Minggu (30/8).

Kepala Departemen Pendidikan dan Kebudayaan BEM KM FBS Cahyu Ningsih menuturkan bahwa kegiatan ini adalah bentuk pengabdian pada masyarakat yang sebenarnya dilaksanakan di sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil.

"Akan tetapi, karena faktor pandemi Covid-19 maka acara ini dialihkan kepada masyarakat yang berada di sekitaran pantai Gajah.

Ia mengatakan kegiatan ini mengusung tema "Mengabdi Sepenuh hati, Menginspirasi Setulus Hati".

Maksud dari tema tersebut adalah berdasarkan pada fokus utama kegiatan pengabdian yang dilakukan dengan tulus. Sementara itu, maksud dari mengispirasi adalah salah satu bentuk kegiatan belajar sambil bermain.

Ia menambahkan bahwa kegiatan BEM KM FBS MENGAJAR ini adalah salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh BEM KM FBS UNP. Program ini diusulkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kegiatannya berupa pengabdian masyarakat yang sebenarnya lebih kegiatan dalam sekolah. Karena terkendala pandemi, sekolah tidak dibuka, jadilah kegiatan dilaksanakan di sekitar masyarakat UNP," jelasnya.

BEM KM FBS Mengajar ini juga pernah dilaksanakan pada tahun 2018 di sekolah yang berlokasi di daerah terpecil.

Tujuan diadakanya BEM KM FBS mengajar adalah sebagai bentuk ajakan kepada para relawan untuk turun membantu anak-anak dalam proses belajar dari formal ataupun nonformal.

BEM KM FBS berharap dari kegiatan ini bisa memotivasi belajar para peserta, sehingga para peserta bisa mengejar cita-citanya.

Jumlah peserta yang mengikuti BEM KM FBS mengajar ini adalah sebanyak 39 peserta yang berada pada jenjang pendidikan sekolah dasar.