Tim Pengabdian Universitas Baiturrahmah Launching Pojok Yodiwa di Kota Padang Panjang

id Pengabdian masyarakat Unbrah, dadih etawa,Padang Panjang

Tim Pengabdian Universitas Baiturrahmah Launching Pojok Yodiwa di Kota Padang Panjang

Tim Pengabdian Universitas Baiturrahmah bekerja sama dengan TP-PKK Kota Padang Panjang meresmikan sekaligus melaunching Pojok Yogurt Dadiah Etawa (Yodiwa).

Padang (ANTARA) - Tim Pengabdian Universitas Baiturrahmah bekerja sama dengan TP-PKK Kota Padang Panjang meresmikan sekaligus melaunching Pojok Yogurt Dadiah Etawa (Yodiwa) yang bertempat di Kelurahan Ganting, Kec. Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang pada Rabu 27 September 2023.

Ketua Pengabdian Masyarakat Unbrah dr. Rinita Amelia, M. Biomed, PhD pada Sabtu, di Padang mengatakan Pojok Yodiwa ini diresmikan langsung oleh Ketua TP-PKK Kota Padang Panjang Ny. Dian Puspita Fadly Amran Sp.Jp ,

Kegiatan Launching Pojok Yodiwa ini melanjutkan dari kerjasama antara Tim pengabdian masyarakat Unbrah dengan Pemerintah Kota Padang Panjang khususnya dalam penanganan stunting lewat program Yodiwa tersebut.

Sebelum diresmikan katanya, telah dilaksanakan pelatihan pembuatan Yodiwa bersama masyarakat melalui TP PKK Padang Panjang.

Dengan adanya Pojok Yodiwa ini diharapkan para peserta yang sebelumnya sudah dibekali tentang pencegahan dan penanggulangan stunting serta pembuatan produk inovasi Yodiwa siap untuk menerapkan ilmu yang didapatkan.

"Sehingga nantinya ketika sudah mulai produksi oleh masyarakat, kami dari Tim Pengabdian Universitas Baiturrahmah akan mengadakan pelatihan tentang bisnis plan terkait pengembangan Yodiwa ini untuk kedepannya," ucap dr. Rinita Amelia.

Sementara itu Ketua TP-PKK Padang Panjang Ny. Dian Puspita mengatakan dengan adanya Pojok Yodiwa ini, diharapkan mampu untuk menurunkan angka stunting dan pengetahuan anggota TP-PKK dalam mengolah susu kambing menjadi yogurt.

Pojok Yogurt Dadiah Etawa (Yodiwa) sekaligus sebagai upaya mengatasi stunting. (ANTARA/ist) (ANTARA/ist)


Sementara itu pada kegiatannya Launching Pojok Yodiwa ini ditandai dengan pemotongan pita oleh ketua TP-PKK Padang Panjang Ny. Dian Puspita sertu minum Yodiwa bersama oleh Tim Pengabdian, peserta sosialisasi, Anggota TP-PKK, Anak-anak stunting dan Undangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Lurah dari Kelurahan Ganting, anggota TP-PKK, Kepala Pustu dan Anak-anak stunting yg berada di Kelurahan Ganting.

Selain itu Tim Pengabdian Universitas Baiturrahmah juga menyerahkan peralatan untuk memproduksi Yodiwa yang diharapkan menjadi rumah produksi Yodiwa oleh peserta pelatihan.

Adapun tim Pengabdian ini diketuai oleh dr. Rinita Amelia, M. Biomed, PhD dan anggota Ira Suryanis S. ST, M. Keb, dr. Yusti Siana, M. Biomed, dr. Ruhsyahadati, Sp. MK, dr. Dian Puspita, Sp. Jp, Dr. dr. Harnavi Harun, Sp. PD, KGH dan Yudha Endra Pratama M. Biotek.*