Tim dosen Unidha Padang lakukan pengabdian masyarakat, bantu Masjid susun laporan keuangan

id Tim dosen Unidha Padang,Berita sumbar,Berita padang

Tim dosen Unidha Padang lakukan pengabdian masyarakat, bantu Masjid susun laporan keuangan

Padang (ANTARA) - Tim Dosen Program Studi Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas (Unidha) Padang, Sumatra Barat (Sumbar) telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada 24 November 2023.

Pengabdian tersebut berupa “Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Masjid Darul Hikmah Berdasarkan ISAK 35 Menggunakan Aplikasi Excel For Accounting" kepada Pengurus Masjid.

"Kami menyosialisasokan tentang ISAK 35 yang merupakan standar organisasi nonlaba, sekaligus memberikan pelatihan kepada pengurus untuk dapat menyusun laporan keuangan dengan menggunakan Excel For Accounting (EFA)," kata Ketua Tim Pelaksana kegiatan Pengabdian Masyarakat Dewi Sartika di Padang, Senin.

Ia menjelaskan Masjid Darul Hikmah atau sering disebut Surau Batu yang berlokasi di Kelurahan Batuang Taba Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung kota setempat adalah tempat ibadah yang berkembang cukup pesat.

Pengurus mengelola dana yang cukup besar dari masyarakat, lokasi Masjid strategis juga memiliki jadwal kegiatan yang cukup padat seperti ceramah agama, pengajian setiap Minggu, kegiatan rutin Jumat, TPQ/TPQA serta wirid remaja dan majelis ta’lim.

Sejauh ini Masjid Darul Hikmah memiliki laporan keuangan dalam bentuk pencatatan kas masuk dan kas keluar saja.

Oleh karenanya tim pengabdian mengenalkan Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) 35 agar laporan keuangan tersusun dengan baik dan benar.

Tim pengabdian terdiri dari Ketua Pelaksana Dewi Sartika, didampingi oleh dosen Diplomasi III Akuntansi Nino Sri Purnama Yanti, Reni Dahar, Fitria Rahmi, Dina Anggraini, Fitrah Mulyani, dan Yunita Valentina.

Ketua Pengurus Masjid Darul Hikmah H.m Syamsul Bahar menyambut baik pelaksanaan pengabdian twrsebut, dan berharap kerja sama terus berlanjut dengan bimbingan teknis dan pendampingan dari Unidha Padang.