LLDIKTI Wilayah X akan menggelar entrepreneurship award ke empat

id Berita Padang, berita sumbar, LLDIKTI,Sumbar terkini, mahasiswa

LLDIKTI Wilayah X akan menggelar entrepreneurship award ke empat

LLDIKTI Wilayah X menggelar rapat pembahasan Entrepreneurship Award keempat melalui konferensi video (Antara/ist)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X menggelar kegiatan Entrepreneurship Award (EA) yang keempat pada 2020 ini dalam rangka meningkatkan kreativitas mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri melalui video konferensi di Padang, Rabu, mengatakan kegiatan Entrepreneurship Award ini merupakan agenda tahunan dilaksanakan untuk yang keempat kalinya.

“Tak terasa, EA sudah dilaksanakan untuk yang keempat kalinya. Semoga pelaksanaan tahun ini lebih meriah dan diikuti oleh banyak mahasiswa dari setiap Prodi PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X,” kata Prof. Herri.

Ia juga mengatakan EA tersebut dilaksanakan untuk memotivasi, mencetak, serta mengkader mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan agar mampu mengelola sumber daya menjadi barang dan jasa dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kegiatan EA yang keempat ini akan dilaksanakan di Provinsi Jambi," ujar dia.

Selain itu, ia mengatakan EA juga merupakan salah satu elemen yang dapat mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"Ada dua kategori lomba yang akan diikuti mahasiswa nantinya yaitu kategori wirausaha muda dan kategori rencana bisnis," kata Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri, di Padang, Rabu.

Lebih lanjut ia menjelaskan kategori wirausaha muda merupakan inovasi bisnis yang ditujukan kepada calon wirausaha muda yang telah memiliki dan menjalankan usaha sendiri. Kemudian kategori rencana bisnis merupakan penilaian ide bisnis terbaik yang direncanakan dan implementasinya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat menciptakan mahasiswa yang unggul berwirausaha, mendorong pengusaha muda dan penciptaan bisnis karya mahasiswa di lingkungan yang berpotensi dikembangkan dan bersaing di pasaran.

"Tentunya berwirausaha merupakan salah satu solusi untuk mencegah terjadinya juga pengangguran di Indonesia,” ujar dia.

Menurut dia kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk upaya yang diberikan kepada mahasiswa untuk menghadapi masa depan kelak, yakni memberikan peluang mahasiswa membuka usaha agar tidak menganggur setelah tamat kuliah nanti.

"Selain itu, juga bertujuan untuk memotivasi dan mendorong kreativitas mahasiswa khususnya di kampus swasta memunculkan usaha yang juga bisa membuka lapangan kerja," katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar