TPO bahas cara bangkitkan pariwisata pasca terdampak pandemi COVID-19

id berita kota pariaman,berita sumbar,TPO,pariwisata,normal baru,covid-19,walikota pariaman,genius umar

TPO bahas cara bangkitkan pariwisata pasca terdampak pandemi COVID-19

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar sedang menyapa peserta seminar web yang merupakan anggota Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities atau organisasi promosi wisata kota se-Asia Pasifik. (antarasumbar/Istimewa)

Hampir seluruh negara terdampak COVID-19,
Kota Pariaman (ANTARA) - Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pacific Cities atau organisasi promosi wisata kota se-Asia Pasifik melaksanakan seminar web guna membahas cara membangkitkan pariwisata pasca terdampak COVID-19.

"Hampir seluruh negara terdampak COVID-19, jadi kami berbagi pengalaman dan mendiskusikan bagaimana cara bangkit lagi terutama dari sektor pariwisata sehingga kunjungan bisa meningkat," jelas Wakil Ketua TPO atau CO-Presiden TPO Genius Umar usai seminar web di Pariaman, Selasa.

Ia menjelaskan dari seminar tersebut diketahui bahwa sejumlah kota cepat melakukan tindakan ketika diterapkannya normal baru salah satunya membuka pariwisata dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Ia menyampaikan salah satu negara yang saat ini pariwisatanya mulai berkembang pada masa normal baru yaitu Korea Selatan karena wisatawan lokal mulai mengunjungi keluarga dan koleganya serta lebih memilih penginapan dari pada hotel.

"Namun secara umum cara kota-kota di Asia Pasifik dalam hal menangani COVID-19 dan mengembangkan pariwisata hampir sama," tambahnya.

Ia mengemukakan untuk di Pariaman pihaknya juga telah membuka pariwisata yang tujuannya untuk memperbaiki perekonomian masyarakat yang selama pembatasan sosial objek wisata di daerah itu ditutup.

Ia menyampaikan meskipun pariwisata di Pariaman dibuka, namun pihaknya menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang tidak saja di lokasi objek wisata namun juga di sejumlah fasilitas umum lainnya mulai dari tempat makan hingga hotel dan penginapan.

"Dengan dibukanya sektor pariwisata maka perekonomian mulai tumbuh," ujarnya.

Seminar web tersebut diikuti oleh 73 kepala daerah dari sekitar 150 kota di Asia Pasifik yang tergabung ke dalam anggota TPO

Pada kesempatan tersebut dirinya didaulat sebagai membuka seminar web untuk mewakili Wali Kota Busan, Korea Selatan yang merupakan Presiden TPO.