Keltan Petani Jaya Pulasan gotong royong buka kolam ikan

id kelompok tani, tambak ikan, petani, sijunjung, sumatera barat

Keltan Petani Jaya Pulasan gotong royong buka kolam ikan

Kelompok tani gotong royong membuka kolam ikan di lahan seluas 0,5 hektare. (Antara/Istimewa)

Muaro (ANTARA) - Lebih kurang berdiri empat bulan, kelompok tani Petani Jaya Nagari Pulasan Kecamatan Tanjung Gadang akan menyulap lahan menjadi kolam ikan dengan luas 0,5 hektare yang dibuka melalui gerakan gotong royong.

Selain melakukan budidaya ikan, Keltan Petani Jaya juga melakukan pembibitan kopi robusta.

Bermodalkan semangat dan kegigihan, Kelompok tani yang beranggota 27 orang itu melakukan gotong royong secara swadaya di Jorong Koto, Nagari Pulasan, Senin.

Ketua Keltan Petani Jaya Dramendra mengatakan tujuan membentuk kelompok tani ini sebenarnya untuk membangkitkan semangat para petani di Nagari Pulasan, sehingga petani dan keluarganya bisa memperoleh pendapatan dan kesejahteraan yang meningkat dan layak.

“Dilihat dari kelompok-kelompok tani yang sebelumnya, anggota cuma sekadar menumpang nama saja,” ungkapnya.

Kemudian dikatakan Mendra, dengan adanya kelompok tani Petani Jaya diharapkan akan memperkuat kerjasama antar petani dan juga bisa lebih efisien serta lebih mampu menghadapi tantangan, hambatan, gangguan ataupun ancaman dalam usaha tani.

Untuk itu, selaku generasi muda merangkul masyarakat kembali, bagaimana menjalani kelompok tani yang sebenarnya, katanya.

Ia berharap, dengan terbetuknya kelompok tani Petani Jaya ini, bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkelompok dan bisa meningkatkan perekonomian anggota tentunya.

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar