Bupati buka pasar kuliner pangan lokal Sijunjung, ingin coba datang senin

id Kuliner, sumatera barat, sijunjung, geopark, silokek, info padang,sumbar

Bupati buka pasar kuliner pangan lokal Sijunjung, ingin coba datang senin

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menyalami pedagang kuliner khas daerah usai meresmikan pasar kuliner di jalan pasar impres. (Ist)

Muaro (ANTARA) - Bupati Sijunjung Yuswir Arifin resmi membuka pasar kuliner pangan lokal yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara di depan dinas Kesehatan.

Setelah dibuka secara resmi pada, Senin (16/9), maka ke depan kegiatan Dinas Pangan dan Perikanan Sijunjung di jalan pasar impres itu akan digelar setiap hari Senin.

Bupati Sijunjung dalam arahannya mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Sijunjung untuk ikut ambil bagian dalam melestarikan kuliner warisan asli Indonesia, khususnya Kabupaten Sijunjung agar tidak pudar diterjang serbuan makanan luar.

Selain itu, guna memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pangan terjangkau dengan akses lebih mudah.

"Mari secara bersama-sama khususnya kita yang hadir pada saat ini untuk membeli dan menjadi pelanggan terhadap produk-produk yang disediakan," ajak Bupati.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung Nizam Ulmuluk menambahkan kegiatan ini dalam rangka memasyarakatkan kuliner pangan lokal khas Sijunjung yang belum tampil dan keterjangkauan harga pangan murah berkualitas, serta menunjang pariwisata Geopark Ranah Minang Silokek.

Kegiatan ini akan diisi dengan penjualan jajanan khas tradisional sekaligus kampanye untuk membeli produk lokal berkualitas dan dilengkapi adanya penjualan pangan murah.
Bupati Sijunjung Yuswir Arifin didampingi Wabup ArrivalBoy melepaskan balon pertanda diresmikan pasar kuliner di jalan pasar impres. (Ist)
Nizam menjelaskan, berbagai macam makanan khas Sijunjung akan disajikan di pasar pangan lokal tersebut, seperti makanan olahan berbahan ubi seperti lamang ubi, lapek ubi, godok ubi, centel dan olahan berbahan ikan seperti kerupuk ikan, krispi ikan, kemudian olahan sambal tradisional seperti randang cukbi, randang bilalang dan lain sebagainya.

Selain itu, juga menyediakan pasar murah berkualitas, seperti beras, tepung, gula, minyak dan telur.

"Dengan menggandeng Perum Bulog Sijunjung dan Toko Tani Indonesia Center serta menyediakan ikan segar," ujarnya.