Pesisir Selatan terpilih satu dari enam kabupaten penerima penghargaan Nirwasita Tantra

id Wendi

Pesisir Selatan terpilih satu dari enam kabupaten penerima penghargaan Nirwasita Tantra

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Pesisir Selatan, Wendi. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, ditetapkan satu dari enam kabupaten di Indonesia sebagai penerima penghargaan Nirwasita Tantra di bidang lingkungan, kata pejabat setempat.

"Hal tersebut ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 456/MenLHK/Setjen/DTN.0/10/2018 tanggal 30 Oktober 2018," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Sekretariat Kabupaten Pesisir Selatan, Wendi di Painan, Selasa.

Ia menjelaskan Nirwasita Tantra merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada daerah yang dinilai berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Tahap akhir penilaian tersebut ialah presentasi yang disampaikan oleh masing-masing kepala daerah di hadapan dewan juri di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras organisasi perangkat daerah terkait serta didukung oleh kemauan kuat dari bupati, semoga penghargaan ini menyuburkan semangat untuk tetap memperbaiki dan menjaga kualitas lingkungan ke depannya," kata dia.

Selain Pesisir Selatan juga terdapat kabupaten lain yang menerima penghargaan serupa yakni Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Dharmasraya.

Berikutnya ada Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kota Cimahi, Kota Surakarta, Kota Bontang dan Kota Payakumbuh. Selanjutnya Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Sumatera Selatan.

Sebelumnya, tambahnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga menobatkan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni sebagai kepala daerah yang mendukung program lingkungan hidup dan perubahan iklim.

Selain Bupati Hendrajoni, juga ada sembilan gubernur dan 41 bupati/wali kota di Indonesia yang meraih penghargaan serupa.

Penobatan itu lanjutnya berbarengan dengan agenda Hari Aksi Perubahan Iklim 2018 di Jakarta. (*)