Ini dia dua penghargaan yang diterima Pesisir Selatan dalam sepekan ini

id Wendi

Ini dia dua penghargaan yang diterima Pesisir Selatan dalam sepekan ini

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Wendi. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menerima dua penghargaan dalam sepekan terakhir yang ditujukan kepada kepala daerah, dan juga kepada sebuah sekolah di daerah itu, kata pejabat setempat.

"Penghargaan itu diterima pada 24 dan 25 Oktober 2018," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Wendi di Painan, Sabtu.

Ia mengungkapkan penghargaan yang diterima ialah ditetapkannya Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pesisir Selatan sebagai juara III lomba sekolah sehat tingkat nasional, serta dinobatkannya bupati setempat, Hendrajoni sebagai kepala daerah yang mendukung program lingkungan hidup dan perubahan iklim.

Ia melanjutkan, MTsN 1 Pesisir Selatan merupakan satu dari 96 sekolah di Indonesia yang mengikuti penilain tersebut pada tahun ini.

Terdiri dari 23 sekolah setingkat TK sederajat, 24 sekolah setingkat SD sederajat, 25 sekolah setingkat SMP sederajat serta 24 sekolah setingkat SMA sederajat yang berada di 50 kabupaten dan 29 kota pada 25 provinsi di Indonesia.

Sementara tim penilai terdiri dari perwakilan empat kementerian yaitu agama, pendidikan, kesehatan dan dalam negeri.

Selanjutnya, terkait penobatan Bupati Hendrajoni menurutnya merupakan buah dari keaktifannya dalam melahirkan kebijakan seputar lingkungan hidup dan perubahan iklim.

"Dari kegiatan itu dilakukan penilaian oleh kementerian terkait dan akhirnya dilaksanakan proses penobatan," ujarnya.

Selain Bupati Hendrajoni, Wendi menyebutkan juga ada sembilan gubernur dan 41 bupati/wali kota di Indonesia yang meraih penghargaan serupa.

Penonatan itu lanjutnya berbarengan dengan agenda Hari Aksi Perubahan Iklim 2018 di Jakarta.***4***