Mantan Komandan Lantamal II Padang maju sebagai Bupati Agam

id Calon Bupati Agam,Berita agam,Berita sumbar,DPD Partai NasDem Agam,Pilkada serentak 2024 agam

Mantan Komandan Lantamal II Padang maju sebagai Bupati Agam

Hargianto menyerahkan berkas pendaftaran ke pengurus DPD Partai NasDem Agam, Senin (6/5). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Komandan Lantamal II Padang LaksMa TNI (Purn) Hargianto bakal maju sebagai Calon Bupati Agam, Sumatera Barat pada Pilkada serentak 2024, untuk melakukan perubahan dan pembangunan di daerah kelahirannya.

"Dengan pengalaman selama 35 tahun dan ilmu yang diperoleh selama menjadi TNI Angkatan Laut, saya siap melakukan perubahan dan membangun Agam kedepan," katanya di Lubuk Basung saat mendaftar sebagai Bupati Agam di Partai NasDem Agam, Senin.

Ia mengatakan keinginan maju sebagai Bupati Agam berangkat dari anak nagari melihat kampung halaman dari kecil sampai sekarang belum banyak perubahan terutama nasib para petani, dimana harga kol masih Rp5 ribu per kilogram.

Mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat masih rendah dan masalah ini bakal dicarikan bersama-sama.

"Seandainya pertanian dikelola dengan baik, maka ekonomi masyarakat akan sejahtera," katanya.

Setelah pensiun di TNI AL, Ketua I Bidang Organisasi Gebu Minang Pusat itu mempunyai niat membangun kampung halaman, karena pengabdian bisa dimana saja, dulu di TNI AL dan kini ingin mengabdi ke kampung halaman.

Ini dalam rangka bagaimana Agam bisa maju baik di bidang pertanian maupun pariwisata, karena potensi wisata yang dimiliki Agam cukup bagus, tanah subur, orang baik dan lainnya.

"Tinggal sisi pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan, transportasi dan kewirausahaan. Kini banyak anak muda yang menganggur dan harus kita carikan lapangan pekerjaan," katanya yang juga sebagai Ketua I Harian LKAAM Sumbar.

Ia menambahkan strategi yang bakal dilakukan akan membangun ikonik berupa pusat perputaran uang di bidang wisata kelas internasional, karena wisatawan mancanegara tersebut cara mencari uang yang gampang, dengan cara tetap menjunjung kebudayaan dan adat istiadat.

"Bagaimana wisatawan bertahan di daerah kita dengan memberikan pelayanan dengan baik dan pulang dengan kesan yang baik," katanya.

Ia mengakui selama ini wilayah pesisir pantai kurang sentuhan di bidang perikanan tangkap dan sementara potensinya cukup bagus.

Tinggal bagaimana menggembangkan dengan mendatangkan investor untuk membangun pengolahan, pelabuhan perikanan, pabrik es dan lainnya.

"Kita punya wilayah laut dengan potensi ikan cukup banyak. Bagaimana kita mendatangkan investor dengan memberikan izin dengan mudah," katanya yang juga mendaftar sebagai kepala daerah di Partai Demokrat, Hanura dan PKB.

Sementara Sekretaris DPD Partai NasDem Agam Yuspidar mengatakan Hargianto merupakan orang yang sembilan mendaftar sebagai kepala daerah melalui NasDem Agam.

Sebelumnya Defi Endri mendaftar pada Rabu (1/5), Novi Endri pada Sabtu (4/5), Murdani pada Sabtu (4/5), Amril Jambak pada Sabtu (4/5), Martias Tanjung pada Sabtu (4/5), Zaimul Bakri pada Sabtu (4/5), Yuspidar pada Sabtu (4/5) dan Ediwar pda Senin (6/5).

"Pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Agam periode 2024-2029 dibuka semenjak 1 sampai 7 Mei 2024," katanya.

Ia menambah Partai NasDem menetapkan kebijakan pendaftaran tanpa mahar bagi kandidat yang berminat untuk bergabung bersama Partai Nasdem Agam dalam membangun Agam ke depan.

Sebagai partai pemenang kedua di Kabupaten Agam dengan perolehan suara mencapai 33.800 suara menjadi modal untuk menuju kesuksesan menjadikan Agam lebih baik nantinya.

"Semoga tiga nama kandidat kepala daerah Agam didapat dan dikirimkan ke DPW dan DPP Partai Nasdem untuk mendapatkan satu pasangan terbaik," katanya.