Penuhi target 100-0-100 Pesisir Selatan peroleh bantuan dua unit IPAL dari Kemen-PUPR

id Wendi

Penuhi target 100-0-100 Pesisir Selatan peroleh bantuan dua unit IPAL dari Kemen-PUPR

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Wendi. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Pemerintah kabupaten bertekad untuk menjadi daerah ini paling maksimal dalam memanfaatkan bantuan ini, mudah-mudahan dengan komitmen ini kami terus mendapat perhatian dari pemerintah pusat
Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memperoleh bantuan dua unit Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR).

"Kedua unit IPAL ini jika dirupiahkan bernilai Rp1 miliar, Pesisir Selatan merupakan satu dari 72 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapatkan bantuan ini," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler setempat, Wendi di Painan, Kamis.

Ia menambahkan, per unit IPAL mampu mengelola limbah dari 50 rumah tangga, dan jika keduanya beroperasi maksimal maka akan mampu mengelola limbah 100 rumah tangga pada daerah setempat.

Menurutnya, bantuan ke dua unit IPAL ini seirama dengan rencana pembangunan jangka menengah kabupaten setempat yang menjadikan sanitasi sebagai salah satu prioritas.

Bantuan itu diterima oleh Bupati setempat, Hendrajoni di Denpasar, Bali pada Rabu (18/7) saat menghadiri acara persiapan implementasi infrastruktur berbasis masyarakat.

Pada kesempatan itu, bupati bersama kepala daerah lainnya menandatangani perjanjian kerja sama pemenuhan target 100-0-100.

"100-0-100 merupakan target pemerintah pusat kepada daerah penerima bantuan IPAL yaitu 100 persen akes air bersih, 0 persen rumah kumuh dan 100 persen akses limbah rumah tangga," ungkapnya.

Pembangunan kedua IPAL akan dilaksanakan secara swadaya dan akan dikelola oleh satuan kerja yang ada di provinsi.

Sementara lokasi pembangunannya akan terlebih dahulu dikaji lebih lanjut oleh dinas teknis terkait sehingga lebih tepat sasaran.

"Pemerintah kabupaten bertekad untuk menjadi daerah ini paling maksimal dalam memanfaatkan bantuan ini, mudah-mudahan dengan komitmen ini kami terus mendapat perhatian dari pemerintah pusat," katanya lagi. (*)