Sumbar kucurkan Rp650 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan

id sumbar,mahyeldi,jalan,jembatan,Padang

Sumbar kucurkan Rp650 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan

Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengucurkan anggaran sebesar Rp650 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan pada periode 2021-2024 guna mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Senin mengatakan anggaran tersebut digunakan untuk mengerjakan 126 paket konstruksi jalan dan 14 paket konstruksi jembatan di berbagai daerah di Sumbar.

"Kita sangat memahami pentingnya infrastruktur jalan dan jembatan untuk mendukung perekonomian daerah. Karena itu, setiap tahun anggaran untuk jalan dan jembatan terus dialokasikan dalam APBD," ujarnya.

Menurutnya pengerjaan jalan dan jembatan itu merupakan upaya Pemprov Sumbar untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Sumbar, Era Sukma menyebut 126 paket jalan yang dikerjakan sejak 2021 itu menelan anggaran sebesar Rp599,59 miliar yang digunakan untuk pemeliharaan dan pelebaran ruas jalan sepanjang 623,23 kilometer.

Sementara 14 paket konstruksi jembatan dapat menyelesaikan sepanjang 376 meter dengan total anggaran Rp54,10 miliar.

Ia merinci pengerjaan jalan pada 2021 dilakukan sebanyak 36 paket jalan dan lima paket jembatan. Kemudian pada 2022 dikerjakan sebanyak 48 paket jalan dan lima paket jembatan.

Lalu pada 2023 dilakukan pengerjaan sebanyak 19 paket jalan dan tiga paket jembatan. Dilanjutkan pada 2024 sebanyak 23 paket jalan dan satu paket jembatan.

Era Sukma mengatakan selain anggaran yang berasal dari APBD Sumbar, pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan di daerah itu juga menggunakan anggaran dari pusat.

"Jika hanya mengandalkan APBD, tentu tidak maksimal karena itu kita juga mencarikan solusi menggunakan anggaran dari sumber lain, salah satunya APBN," katanya.