BKD : Pengusulan CPNS Sumbar 2018 Masih dalam Proses

id Cpns

BKD : Pengusulan CPNS Sumbar 2018 Masih dalam Proses

Peserta mengikuti ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Usulan kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat 2018 masih dalam proses untuk disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat Yulitar.

"Data yang diminta sekarang sangat detil beda dari sebelumnya, karena itu benar-benar dipersiapkan matang, agar nanti tidak banyak yang ditolak," katanya di Padang, Senin.

Ia mengatakan itu terkait banyaknya informasi bohong atau hoaks yang beredar di tengah masyarakat, terutama di media sosial.

Sebelumnya menurut dia, pernah diusulkan kebutuhan CPNS Pemprov Sumbar sebanyak 4000 formasi ke pusat, tetapi usulan itu dikembalikan karena data yang tidak lengkap.

Selain itu ancar-ancar jumlah penerimaan CPNS di daerah hanya sebanyak jumlah PNS yang pensiun pada tahun tersebut, atau kalau bisa lebih, kenaikannya tidak akan signifikan.

Yulitar mengatakan jumlah PNS Pemprov Sumbar yang pensiun setiap tahun sekitar 400-an orang. Mengikuti itu, penerimaan kemungkinan hanya sekitar 500 orang saja.

"Itu khusus untuk Pemprov Sumbar. Kabupaten dan kota juga mengusulkan kebutuhan riilnya dengan ancar-ancar yang lebih kurang sama," kata dia.

Meski demikian, Pemprov Sumbar menurutnya tetap mengupayakan agar jumlah penerimaan CPNS di daerah itu pada 2018 bisa lebih banyak, salah satunya untuk mengisi posisi akuntan di tingkat nagari.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sebelumnya menyebutkan untuk menjaga transparansi penggunaan dana desa dan memaksimalkan pelaporan kegiatan, dibutuhkan tenaga akuntan.

Saat ini tenaga itu belum ada sehingga penyusunan administrasi pelaksanaan kegiatan dan laporan kegiatan masih lemah.

Sementara itu Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman dalam siaran persnya memastikan belum ada informasi resmi mengenai pembukaan dan pendaftaraan CPNS tahun 2018.

Menurutnya memang ada rencana penerimaan CPNS, terutama untuk formasi guru, tenaga kesehatan, serta formasi spesifik lainnya yang membidik Nawacita dan sesuai dengan core business instansi.

Tetapi semua masih dalam proses tahap validasi.

Ia mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati dengan berbagai informasi simpang siur yang beredar namun tidak jelas sumbernya. *