Inilah dua atlet silat Tapak Suci Pesisir Selatan yang akan mengikuti Poprov 2018

id atlet silat

Inilah dua atlet silat Tapak Suci Pesisir Selatan yang akan mengikuti Poprov 2018

Dua atlet silat sedang bertanding pada Popda Pesisir Selatan yang digelar pada 18-20 April 2018. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Mereka yang akan dikirim ke Poprov ialah Roland yang meraih emas di kelas D putra dan Resi yang meraih emas di kelas D putri
Painan, (Antaranews Sumbar) - Dua atlet silat yang berasal dari Pimpinan Daerah Tapak Suci Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan mengikuti kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Poprov) setelah masing-masing mendapat satu emas pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat kabupaten setempat yang digelar pada 18-20 April 2018.

"Mereka yang akan dikirim ke Poprov ialah Roland yang meraih emas di kelas D putra dan Resi yang meraih emas di kelas D putri," kata Ketua Pimpinan Daerah Tapak Suci Pesisir Selatan, Syafridon di Painan, Sabtu.

Kendati demikian pihaknya belum mendapat jadwal pasti terkait kapan kedua anak asuhnya mengikuti pertandingan.

"Informasi awal, Poprov akan dilaksanakan pada Juli 2018 namun tanggalnya belum kami dapatkan, namun yang pasti kami akan maksimal melakukan persiapan dengan harapan bisa mewakili Sumatera Barat ke tingkat nasional," katanya.

Ia menambahkan dorongan mewakili provinsi setempat ke tingkat nasional, bermula dari kegagalan anak asuhnya yang hanya mampu masuk semi final pada Poprov tahun lalu.

"Kendati target kami agak tinggi, namun sportifitas merupakan hal yang tidak bisa ditawar, untuk itu latihan keras dan disiplin merupakan langkah untuk mencapainya," katanya lagi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Zulkifli menyebutkan pada Popda 2018 dipertandingkan lima cabang olahraga yaitu voli, silat, tenis meja dan bulu tangkis.

Ke lima cabang olahraga itu diikuti oleh 250 atlet yang berasal dari seluruh tingkatan pendidikan pada daerah setempat mulai dari SD sederajat, SMP sederajat dan SMA sederajat.

Ia menyebutkan pelaksanaan Popda memiliki beberapa tujuan di antaranya mengembangkan bakat dan minat pelajar di bidang olahraga, membina serta mempersiapkan olahragawan tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

Berikutnya menumbuhkan jiwa sportifitas, kompetitif, rasa percaya diri dan tanggung jawab, mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga, persahabatan dan cinta tanah air. (*)