Maret, Ikadi gelar silaturahim nasional di Padang

id Ikatan dai Indonesia

Maret, Ikadi gelar silaturahim nasional di Padang

Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Sumbar Urwatul Wusqo (tengah) Sekretaris Ikadi Sumbar Edison (kiri), Bidang Riset dan Humas Ikadi Sumbar Sudarman (kanan) saat jumpa pers tentang Kegiatan Silaturahin Nasional Ikadi di Padang, Kamis (1/3 . (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi.)

Silatnas tersebut mengangkat tema Islam rahmat bagi seluruh alam dan menjadi solusi atas persoalan umat
Padang, (Antaranews Sumbar) - Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) akan menggelar Silaturahim Nasional (Silatnas) di Padang, Sumatera Barat pada 2 sampai 4 Maret 2018 yang dihadiri sekitar 500 orang pengurus dan anggota dari seluruh Indonesia.

"Silatnas tersebut mengangkat tema Islam rahmat bagi seluruh alam dan menjadi solusi atas persoalan umat," kata Ketua Ikadi Sumbar Urwatul Wusqo di Padang, Kamis.

Menurutnya rangkatan kegiatan Silatnas meliputi seminar internasional, diskusi dan pembahasan tentang peran dan strategi dakwah global, optimalisasi pemanfaatan jaringan ekonomi umat yang dipusatkan di Asrama Haji Tabing Padang.

"Tidak hanya itu Pimpinan CT Corpora Chairul Tanjung dijadwalkan akan tampil sebagai salah seorang pembicara mengupas soal otimalisasi peran jaringan dalam memberdayakan ekonomi umat," kata dia.

Kemudian akan tampil Ketua Ikadi pusat KH Achmad Satori Ismail sebagai pembicara dialog ketahanan nasional dengan tema "Dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin, Perekat Kesatuan Bangsa dalam Perspektif Ketahanan Nasional"

Ia menyampaikan Silatnas juga merupakan momen untuk menyinergikan beragam elemen yang ada pada umat Islam serta membangun sinergi antara ulama dengan umara atau pemimpin.

Apalagi saat ini muncul stigma bahwa umat Islam anti Pancasila dan juga ada yang menuding anti NKRI, padahal umat Islam ikut andil memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, ujarnya.

"Oleh sebab itu sinergi umat perlu diwujudkan agar bisa berkontribusi bagi umat Islam di Tanah Air," lanjut dia.

Ia menambahkan sudah saatnya menghapus prasangka dan saling curiga dan mari semua pihak bersinergi untuk menyelesaikan beragam persoalan yang dihadapi umat.

"Kami berharap Silatnas memberikan manfaat dan bangkitnya dakwah Ikadi," kata dia.