Ustadz dari daerah transmigrasi Lunang Silaut terima penghargaan Mendes PDTT

id Dai lunang silaut, mendes pdtt

Ustadz dari daerah transmigrasi Lunang Silaut terima penghargaan Mendes PDTT

Ustadz Ahmad Tamami dari daerah transmigrasi Lunang Silaut terima penghargaan Mendes PDTT di Jakarta. (ANTARA/Disnakertrans Sumbar)

Padang (ANTARA) - Ustadz Ahmad Tamami mendapatkan penghargaan sebagai salah seorang Da'i terbaik dari daerah Transmigrasi Lunang Silaut Kabupaten Pesisir Selatan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Mentri Abdul Halim Iskandar saat memperingati Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke-72 di lapangan kantor Kemendes PDTT pada Jumat (2/12) malam.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumbar Ir. Nizam UL Muluk, M.Si dihubungi dari Padang, Sabtu mengatakan penghargaan tersebut diberikan kepada tujuh orang Da'i terbaik dikawasan transmigrasi (Kawasan Perkotaan Baru).

"Dari tujuh orang itu termasuk salah satunya ustadz Ahmad Tamami dari daerah transmigrasi Lunang Silaut," katanya.

Ia menambahkan penghargaan tersebut diberikan kepada kawasan transmigrasi yang dinilai mengalami perkembangan dan kemajuan dalam pencapaian indeks pembangunan kawasan transmigrasi.

"Kawasan transmigrasi Lunang Silaut Pesisir Selatan sekarang masuk kategori kawasan mandiri sehingga memenuhi kategori tersebut," ujarnya.

Nizam mengatakan program transmigrasi di Sumatera Barat akan lebih ditingkatkan sebagai upaya mewujudkan kawasan perkotaan baru yang berdaya saing.

"Kita mengapresiasi Kementrian Desa PDTT terkait program-program inovatif dalam pengembangan kawasan transmigrasi. Penghargaan yang diterima ini akan dijadikan motivasi bagi kawasan lainnya untuk lebih giat dan serius dalam pengembangan kawasan transmigrasi," katanya.

Di Sumatera Barat saat ini ada 4

empat kawasan transmigrasi yang menjadi prioritas Nasional dan prioritas Kementrian Desa PDTT masing-masing Kawasan Lunang Silaut di Kabupaten Pesisir Selatan, Kawasan Muara Takung-Kamang Baru di Kabupaten Sijunjung, Kawasan Bumi Asri di Kabupaten Solok Selatan dan Kawasan Sungai Bremas di Kabupateb Pasaman Barat.

Empat kawasan tersebut akan menjadi perhatian dan prioritas oleh pemerintah provinsi dan kabupaten di Sumatera Barat sehingga pemerataan infrastruktur dan ekonomi bisa terwujud.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengungkapkan program transmigrasi saat ini difokuskan pada peningkatan kualitas pembangunan baik dari segi infrastruktur, pemberdayaan masyarakat hingga konektivitas ekonomi di kawasan eksisting.

Ia menilai upaya percepatan pemerataan pembangunan di Indonesia dapat diwujudkan salah satunya melalui program transmigrasi.

Pemberian penghargaan dan penandatanganan bantuan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam peringatan HBT ke-72 yang puncaknya akan digelar di Merauke pada 12 Desember 2022.

Dalam acara tersebut juga digelar konser amal untuk musibah korban gempa bumi di Cianjur.***