Siswa SD Semen Padang juara lomba dai cilik Festival Ekonomi Syariah

id Semen Padang, siswa semen Padang, lomba dai cilik

Siswa SD Semen Padang juara lomba dai cilik Festival Ekonomi Syariah

Dua siswa SD Semen Padang berhasil meraih juara lomba dai cilik pada ajang Festival Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital yang diselenggarakan Bank Indonesia di Kota Bukittinggi. (ANTARA/HO-Humas Semen Padang).

Padang (ANTARA) - Dua siswa SD Semen Padang berhasil meraih juara lomba dai cilik pada ajang Festival Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital yang diselenggarakan Bank Indonesia di Kota Bukittinggi.

"Dika Aulia Kamil meraih juara dua dan Qatrunnada Diani Khalilannisa juara tiga Tentunya, keberhasilan kedua siswa ini menjadi kebanggaan bagi keluarga besar SD Semen Padang termasuk Yayasan Igasar Semen Padang yang menaungi sekolah," kata Kepala Sekolah SD Semen Padang Efi Asmanto di Padang, Rabu.

Lomba dai cilik tersebut, kata Efi Asmanto, dibuka untuk umum baik perorangan maupun mewakili sekolah. Pada tahap penyisihan yang dilakukan secara daring, peserta membuat video dak cilik.

Setelah itu, video diunggah melalui link pendaftaran. Dari semua video yang masuk, dewan juri memilih enam video sebagai finalis untuk tampil secara live di ajang finalis dai cilik Festival Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital.

Video Dhika Aulia Kamil dengan materi atau judul "Mari Menabung, Jangan Berfoya-foya" dan video Qatrunnada yang berjudul "Menabung Untuk Masa Depan Yang Cerah" terpilih dalam ajang tersebut.

Keberhasilan kedua siswa Kelas V ini, sebut Efi Asmanto, tidak lepas dari kerja keras selama dua minggu menyiapkan diri agar bisa tampil maksimal di lomba dai cilik tingkat Provinsi Sumatera Barat tersebut. Termasuk pula dukungan dari sekolah. Sebab, SD Semen Padang mempunyai program ekstrakurikuler dia cilik.

"Ekstrakurikuler dia cilik ini rutin dijadwalkan satu kali seminggu. Dengan adanya ekstrakurikuler ini, anak-anak menjadi terbiasa untuk tampil," ujarnya.

Ia berharap prestasi yang dicapai Dhika dan Qatrunnada menjadi cikal bakal serta modal kedua anak didik tersebut di masa depan. Termasuk pula diharapkan menjadi motivasi bagi siswa lainnya.

"Mudah-mudahan keduanya menjadi dai profesional. Meskipun, SD Semen Padang sekolah umum, tetapi kami sangat fokus dengan program-program keislaman dengan motto "Fun Islamic School" yang dibranding dengan "Beraksi" (Berakhlak, Berkarya, Berprestasi)," ujarnya.

Dhika yang merupakan anak dari karyawan PT Semen Padang Unit PPI tersebut tidak hanya berprestasi di ajang dia cilik. Dhika merupakan siswa bertalenta dan berprestasi di sekolah, begitu juga dengan Qatrunnada. Bahkan, Dhika pernah meraih juara umum III dan Qatrunnada juara II saat naik ke Kelas V.

"Juni kemarin Dhika berhasil meraih juara II lomba gambar bercerita FL2SN tingkat Kota Padang dan terpilih mewakili Kota Padang ke tingkat Provinsi Sumbar. Kemudian Qatrunnada, pada Juni kemarin juga meraih juara I lomba bercerita tingkat Kota Padang," ucap dia.