Tingkatkan kapasitas juru dakwah, Dewan Da'wah Sumbar gelar Pelatihan Dai

id Dewan Da'wah Sumbar,juru dakwah sumbar,Berita sumbar

Tingkatkan kapasitas juru dakwah, Dewan Da'wah Sumbar gelar Pelatihan Dai

Pelatihan dai Dewan Dakwah Islamiyah Sumbar.Antara/HO

Padang (ANTARA) - Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia Provinsi Sumatera Barat menggelar pelatihan dai dalam rangka meningkatkan kapasitas dai.

Ketua Dewan Da’wah Sumbar Yaswirman di Padang Minggu menyampaikan da’i adalah tulang punggung dakwah.

"Dai adalah manusia shalih yang berusaha sekuat tenaga mengemban amanah menyampaikan pesan Allah SWT ke seluruh manusia dengan potensi yang mereka miliki," kata dia.

Ia menyampaikan ada saatnya para juru dakwah mengalami kondisi yang melelahkan, mungkin juga perasaan yang berat karena tantangan dakwah kadang jauh lebih besar dan cepat dibandingkan kekuatan da’i itu sendiri.

“Semua potensi umat perlu disinergikan memperkuat da’i di lapangan dakwah”, ujar Yaswirman

Sementara itu, Ketua Bidang Da’wah dan Penempatan Da’i Dewan Da’wah Pusat Ahmad Misbahul Anam menegaskan bahwa keberadaan juru dakwah sangat penting di masyarakat sebagai pasak kehidupan.

“Menjadi satu pemahaman bahwa peran juru dakwah itu menstabilkan kehidupan agar kemaksiatan yang akan merusak sendiri kehidupan bisa diminimalisir dan syukur bisa dihilangkan. Serta menyebarkan kebaikan sampai betul-betul dapat terlaksana dengan baik”, kata Ahmad

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan Da’i Anisral didampingi Sekretaris Panitia Afdhal, menyebutkan peserta pelatihan da’i berasal dari Sawahlunto, Tanah Datar, Payakumbuh, Dharmasraya, Kota Solok, Pasaman Barat, Padang Panjang, Bukittinggi, Agam, Pasaman, Lunang (Pessel), Sipora (Mentawai), Siberut Selatan (Mentawai), Sikakap (Mentawai), Siberut Barat Daya (Mentawai), Solok Selatan, dan Kota Padang.

“Terimakasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumbar Yarsi Sumbar, Kanwil Kemenag Sumbar, Laznas Dewan Da’wah, dan tokoh da’wah di Sumbar”, ujar Anisral.