Tim SK4 Jaring 13 Pelajar Kelayapan

id pelajar, bukittiggi, kelayapan

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Tim Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kota (SK4) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menjaring 13 pelajar kelayapan saat jam sekolah dalam patroli rutin Jumat Pagi.

"Tim SK4 membawa semua pelajar yang terjaring itu ke Kantor Satpol PP Bukittinggi untuk dibina agar tidak mengulangi perbuatannya," kata Kepala Seksi Penyuluhan dan Perlindungan Msyarakat Satpol PP setempat, Risfayanto di Bukittinggi.

Ia menyebutkan, ke-13 pelajar laki-laki itu terdiri dari sembilan orang siswa SMP dan empat orang siswa SMA.

Para siswa kedapatan sedang berada di luar lingkungan sekolah saat jam pelajaran dan memakai seragam sekolah, di antaranya sedang duduk-duduk di warung di daerah Parak Kopi.

"Beberapa siswa itu ada yang baru selesai melaksanakan pelajaran olahraga, namun karena duduk di warung dulu dan tidak langsung pulang ke rumah sehingga Tim SK4 tetap membawa mereka ke Kantor Satpol PP," jelasnya.

Ia menerangkan, patroli yang dilakukan Tim SK4 itu dilaksanakan secara rutin untuk memantau dan mengantisipasi adanya pelanggaran terhadap aturan di daerah tersebut.

"Pelanggaran yang dilakukan para pelajar itu bukan pelanggaran yang berkasus, namun mereka tetap kami data dan dibina agar kembali ingat dengan kewajiban mereka sebagai siswa sekolah, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan," lanjutnya.

Dalam pembinaan itu, selain diberi arahan para siswa yang terjaring dalam patroli diminta melakukan baris-berbaris, membaca Pancasila, menyanyikan lagu kebangsaan agar mengingat kembali nilai-nilai kebangsaan.

"Selanjutnya, dalam waktu dekat kami akan lakukan penyuluhan dan pembinaan ke sekolah-sekolah. Ini kegiatan rutin setiap tahun agar ke depan tidak ada lagi kedapatan pelajar yang keluyuran saat jam sekolah berlangsung," katanya. (*)