Mahasiswa Teknik Unand Gelar Festival Industri

id Mahasiswa Teknik Unand

Padang, (Antara) - Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar kegiatan Festival Industri atau Indfest pada 11 April hingga 4 Mei 2016.

"Kegiatan ini menjadi yang kedelapan digelar dan akan banyak melibatkan perguruan tinggi nasional," kata Ketua Panitia, Arifdho di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan kegiatan ini akan terdiri atas beragam jenis , pertama Indonesian Student Entrepreneurship Award (ISEA) yang dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 13 April 2016.

ISEA merupakan kompetisi membuat rencana bisnis (business plan) yang mencakup seluruh aspek dalam suatu bisnis, pada kegiatan ini mengambil tema 'Exploring Creative Industry Through Breakthrough Thinking'.

Kemudian "Student Essay Competetion (SEC)", acara ini diselenggarakan pada tanggal 14 hingga 19 April 2016 dengan menghadirkan peserta dari berbagai sekolah SMA/SMK di provinsi Sumatera Barat dan provinsi lain diluar Sumbar.

Pada Indfest juga ada kegiatan seminar nasional yang akan diadakan pada tanggal 27 April 2016, pada kali ini mengambil tema 'Peran Industri Manufaktur Indonesia Dalam Pusaran Pasar Tunggal ASEAN'.

Terakhir ada "Industrial Engineering On Action (IDEA)" pada tanggal 25 hingga 28 April 2016 yang merupakan lomba keilmuan teknik industri untuk seluruh Jurusan Teknik Industri se Indonesia dengan tema 'The Acceleration Of National Industry By Improving National Logistics Performance', tambahnya.

"Hampir dipastikan mahasiswa Teknik Industri di seluruh Indonesia akan ikut dalam kegiatan ini," kata dia.

Beberapa perguruan tinggi yang memastikan ambil bagian dalam kegiatan ini yakni Institut Teknologi Bandung, Universitas Telkom, Universitas Prasetya Mulya, Universitas Esa Unggul, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Airlangga, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Jendral Sudirman, Universitas Sumatera Utara, dan IKIP PGRI Jember.

Dia berharap selain kegiatan tersebut sukses, tim Unand juga mampu meraih prestasi terbaik dalam ajang Indfest ini, ujarnya.

Sementara itu Rektor Unand Padang, Tafdil Husni melalui Kepala Humas Eriyanty mengapresiasi kegiatan tersebut.

Dia berharap kegiatan ini bisa memperkuat kedudukan Unand dalam menghasilkan sumber daya teknik industri di nasional.

Sebab selama ini sebagian besar pencipta inovasi sumber daya dari perguruan tinggi favorit di Jawa. (*)