Balai Perkeretaapian pertahankan jalur Ombilin untuk dukung Unesco

id reaktivasi kereta api, kereta api sumbar, balai teknik perkeretaapian

Balai Perkeretaapian pertahankan jalur Ombilin untuk dukung Unesco

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang, Provinsi Sumbar Supandi saat diwawancarai awak media massa di Padang, Selasa, (21/11/2023). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang Provinsi Sumatra Barat terus mempertahankan jalur kereta api Ombilin di Kota Sawahlunto guna mendukung status warisan dunia yang telah ditetapkan The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco).

"Kalau kita lihat jalur di Ombilin ini merupakan pendukung dari tambang di Sawahlunto yang ditetapkan Unesco sebagai warisan dunia," kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang, Provinsi Sumbar Supandi di Padang, Selasa.

Menurut Supandi, upaya mempertahankan jalur kereta api di Sawahlunto penting untuk dilakukan agar status warisan dunia di daerah bergelar "Kota Arang" tersebut tidak dapat dicabut oleh Unesco.

"Jadi, ini tugas kita bersama menjaganya atau paling tidak jalur yang ada itu tetap eksis," kata dia.

Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang bersama PT Kereta Api Indonesia, dan pemerintah daerah tidak menutup kemungkinan membuka layanan komersial di jalur tersebut.

Secara umum jalur kereta api yang masih aktif yakni dari Stasiun Teluk Bayur Kota Padang hingga ke Stasiun Naras, Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Sementara, jalur dari Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman hingga ke Kota Bukittinggi sudah tidak beroperasi.

"Jalur nonaktif lebih banyak dibandingkan yang aktif yakni sekitar 240 an kilometer, sementara jalur yang aktif sepanjang 111 kilometer," ujarnya.

Khusus jalur nonaktif, Supandi mengatakan, Balai Teknik Perkeretaapian tetap menyiagakan petugas untuk menjaga aset-aset hingga perawatan atau pembersihan stasiun dan jalur kereta.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar Dedi Diantolani mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung reaktivasi jalur kereta api di daerah itu terutama jalur di Kota Sawahlunto.

"Kita berharap reaktivasi dari Kota Padang, Kota Padang Panjang hingga ke Kota Sawahlunto bisa direalisasikan," kata dia.

Hanya saja upaya menghidupkan kembali jalur tersebut terkendala model lokomotif yang akan digunakan karena khusus di beberapa titik membutuhkan lokomotif bergerigi mengingat medan yang dilalui cukup menanjak.