Wapres Buka Rakernas I Adeksi

id Wapres Jusuf Kalla, Rakernas I Adeksi

Wapres Buka Rakernas I Adeksi

Wapres Jusuf Kalla. (ANTARA FOTO)

Mataram, (AntaraSumbar) - Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Tahun 2016 Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) di Hotel Lombok Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis.

Wapres tiba di Bandara Lombok International pukul 13.00 WITA dengan disambut oleh Gubernur NTB M. Zainul Majdi beserta sejumlah anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi NTB.

Dalam acara pembukaan tersebut tidak tampak dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selaku pembina kepala daerah.

Rakernas I Adeksi memberikan sejumlah rekomendasi terkait peran dan fungsi DPRD, antara lain kesetaraan posisi DPRD dengan kepala daerah, meminta keadilan regulasi dalam persyaratan pencalonan kepala daerah, tindak lanjut pengaturan hasil pengawasan DPRD oleh kepala daerah, serta mekanisme penyerahan berkas hasil pemeriksaan BPK kepada DPRD.

Selain itu, Adeksi juga minta diatur mengenai standar, pola kerja, batas waktu dan hasil pengawasan DORD kepada kepala daerah.

Rakernas I Adeksi diselenggarakan selama lima hari hingga 27 Februari dengan tema Optimalisasi Fungsi Pengawasan DPRD dalam Membangun Sinergi DPRD dan Kepala Daerah demi Percepatan Pembangunan Bangsa.

Wapres dijadwalkan kembali ke Jakarta, Kamis sore, untuk kemudian menghadiri peresmian NU Care di Hotel Sahid Jakarta. (*)