Jusuf Kalla harapkan semua lembaga negara mampu jaga muruah

id Jusuf Kalla, mkmk, kasus kpk, kpk

Jusuf Kalla harapkan semua lembaga negara mampu jaga muruah

Wakil Presiden RI Ke-10 dan 12 Muhammad Jusuf Kalla saat diwawancarai awak media massa di Kota Padang Panjang, Sabtu, (4/11/2023). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Wakil Presiden Ke-10 dan 12 RI Muhammad Jusuf Kalla berharap kasus yang sedang terjadi di tubuh Mahkamah Konstitusi dan Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi pelajaran bagi lembaga negara lain untuk bisa menjaga muruah institusi.

"Kita harapkan semua lembaga negara dapat menjaga muruahnya, jangan sampai lembaga yang penting itu menjadi ternoda," katanya di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Sabtu.

Pada kesempatan tersebut, JK sapaan akrabnya, mengaku sedih melihat kondisi kedua lembaga penegak hukum di Tanah Air yang sedang diselimuti permasalahan.

Padahal, sambung dia, lembaga-lembaga tersebut dibangun dengan rasa semangat yang luar biasa. Apalagi, MK sebagai pintu terakhir dalam menjaga konstitusi seharusnya mampu menjaga kepercayaan masyarakat.

"Lembaga ini dibangun dengan niat yang luar biasa untuk menjaga konstitusi dan menjaga agar tidak ada penyelewengan atau korupsi tetapi sekarang ternoda," ujarnya.

Untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum dan penegakan konstitusi sesuai ketentuannya, kata dia, maka harus ada sanksi tegas dan jelas terhadap pihak-pihak yang terlibat.

"Harus diberikan sanksi kepada yang berbuat karena itu merusak jalannya negara ke depan," saran dia.

Untuk diketahui, Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) saat ini masih berproses terkait kasus dugaan pelanggaran kode etik oleh sembilan hakim mengenai Putusan Perkara Nomor 90/PUU-XXI/2023 soal batas usia capres/cawapres paling rendah 40 tahun atau pernah/sedang menduduki jabatan yang dipilih melalui pemilihan umum, termasuk pemilihan kepala daerah.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jusuf Kalla harapkan semua lembaga negara mampu jaga muruah