Wako Payakumbuh Intruksikan SKPD Cek Kebutuhan Lebaran

id Wako Payakumbuh

Payakumbuh, (Antara) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), Riza Falepi mengintruksikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di daerah itu untuk mengecek serta memastikan kebutuhan sembako dan kebutuhan primer lainnya tersedia sehingga tidak terjadi kelangkaan selama lebaran 1436 Hijriah.

Ia di Payakumbuh, Senin, mengatakan saat lebaran nantinya diprediksi ribuan perantau akan melakukan mudik, untuk itu pemerintah setempat harus menyediakan kebutuhan mereka selama berada di kampung.

Untuk itu, kata dia, bengkel perlu dipastikan mereka beroperasi selama musim mudik sebab kemungkinan besar ada kendaraan mereka yang memerlukan service, penggantian suku cadang, dan sebagainya.

"Kasihan, perantau pulang dan ternyata yang bersangkutan tidak bisa mendapatkan pelayanan tersebut," kata dia.

Kemudian, juga memastikan kelancaran pasokan BBM di seluruh SPBU yang ada di Kota Payakumbuh dan ketersediaan bahan-bahan sembako.

"Untuk itu, pimpinan SKPD terkait agar melakukan koordinasi dengan para pengusaha yang menyediakan kebutuhan itu," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika Payakumbuh Adrian mengatakan pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan pemilik bengkel, pengusaha suku cadang, pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE), Kepolisian, Satual Polisi Pamong Praja (Satpol PPP) serta dengan beberapa pimpinan SKPD terkait lainnya.

Sementara salah seorang Warga Payakumbuh, Yulianto meminta pemerintah setempat untuk memastikan stok BBM selama lebaran sebab selain banyaknya para perantau yang mudik, daerah tersebut berada di perlintasan.

"kalau daerah di perlintasan, bukan hanya masayarakat dan perantau yang membutuhkan, melainka semua orang yang melalui Payakumbuh," kata dia. (*)