PLN Payakumbuh sosialisasi K2, ajak masyarakat Tanah Datar jadi mitra

id PLN, Sosialisasi keselamatan, K2,UP3 Payakumbuh

PLN Payakumbuh sosialisasi K2, ajak masyarakat Tanah Datar jadi mitra

PLN Payakumbuh sosialisasi K2, ajak masyarakat Tanah Datar jadi mitra perusahaan listrik itu. (ANTARA/HO-PLN)

Batusangkar (ANTARA) - Berikan pemahaman sejak dini terkait potensi bahaya listrik, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh adakan sosialisasi Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) kepada warga Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar pada Kamis (25/04).

Teguh Budi Octavianto, Manager PLN UP3 Payakumbuh menyampaikan, selain bermanfaat vital dalam kehidupan, listrik juga dapat berpotensi bahaya.

‘’Arus atau tegangan listrik tidak tampak, tidak berbau, tidak berbunyi, tetapi dapat dirasakan dan dapat menyebabkan kebakaran bahkan hingga kematian jika tidak dijaga. Maka masyarakat perlu tahu tentang do's and don’t dari listrik,’’ sampainya.

Guna menghindari potensi bahaya listrik, Teguh menyarankan masyarakat konsisten menjaga jarak aman beraktivitas dari jaringan listrik, yaitu minimal 3 meter.

‘’Jangan membakar sampah di bawah kabel jaringan listrik karena hawa panas berpotensi menimbulkan lecet pada kabel. Jaga jarak bangunan rumah minimal 3 meter dari jaringan listrik. Kegiatan pesta seharusnya juga berjarak jauh dari jaringan listrik,’’ lanjutnya.

Terpenting, PLN UP3 Payakumbuh mengingatkan agar jangan sekali-kali mengutak-atik alat pemutus/pembatas atau MCB dan kWh meter di rumah atau bangunan pelanggan, karena hal tersebut hanya diizinkan dilakukan oleh petugas PLN. Lalu hindari pemasangan steker pada stop kontak bertumpuk.

‘’Kami mengajak Bapak Ibu untuk menjadi mitra PLN dengan meneruskan informasi yang benar tentang K2 kepada masyarakat. Sehingga lebih banyak masyarakat yang paham cara berlistrik dengan aman,’’ lanjut Teguh.

Sebagai mitra PLN, masyarakat juga dapat melaporkan potensi bahaya listrik yang yang perlu ditindak cepat oleh petugas PLN melalui aplikasi PLN Mobile.

‘’Melalui PLN Mobile masyarakat dan PLN dapat berkoordinasi dan mencegah potensi bahaya. Silahkan laporkan dan petugas kami akan bergerak cepat untuk antisipasi atau perbaikan,’’ tambah Teguh.

PLN Mobile, lanjut Teguh, pun dilengkapi dengan fitur pelayanan PLN lainnya. PLN Mobile terintegrasi dengan berbagai sistem PLN dan mempermudah koneksi PLN dengan pelanggan melalui genggaman.

Melalui PLN Mobile, pelanggan dapat melakukan pembelian token listrik, pembayaran tagihan, pengaduan pelanggan, notifikasi info padam, dan lain sebagainya. ‘’Semua makin mudah dengan PLN Mobile. Jadi bagi Bapak Ibu yang belum menggunakannya, segera download dan rasakan kemudahannya,’’ tutur Teguh.*