KEGIATAN DPRD SELAMA MASA SIDANG TAHUN 2014

id KEGIATAN DPRD SELAMA MASA SIDANG TAHUN 2014

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat selama masa sidang tahun 2014 ini sudah melakukan bimbingan teknis (Bimtek) sebanyak lima kali ke Jakarta, kunjungan kerja luar Provinsi Sumbar sebanyak empat kali yakni ke Jakarta dan Bali, kunker Pansus Ranperda sebanyak dua kali ke Jakarta dan Tanggerang, kunker dalam daerah Kabupaten Pasbar sebanyak delapan kali dan melakukan rapat hearing dengan tokoh masyarakat sebanyak dua kali.

Menurut Ketua DPRD, Yulianto itulah diantara kegiatan DPRD pada periode masa sidang 2014. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan kemamuan anggota DPRD dalam upaya melihat kemajuan dan aturan yang bisa dipraktekkan di Pasbar menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Salah satu upaya peningkatan kualitas dan kemampuan anggota DPRD tentu dengan mengadakan Kunjungan Kerja (Kunker), Bimtek, keberbagai daerah yang ada di Indonesia.

Kunker yang diadakan tidak sekedar Kunker biasa tetapi Kunker yang diadakan bertujuan untuk belajar ke suatu daerah yang sudah maju dan memiliki Perda yang jelas yang nantinya bisa diterapkan di Pasaman Barat.

Jangan bayangkan Kunker yang kami lakukan hanya sekedar pergi rekreasi tetapi Kunker yang dilakukan sudah direncanakan dan membuat tema Kunker yang akan dipelajari. Dengan harapan Kunker itu akan memberikan kontribusi bagi kita dalam rangka membangun daerah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,katanya.

Selain kunker ke luar Provinsi Sumbar, pihaknya juga melakukan kunjungan ke daerah wilayah masing-masing anggota DPRD dalam rangka menampung aspirasi dan melihat segala permasalahan yang ada.

Hasil dari kunker itu tentunya akan ditindaklanjuti dan dibahas pada sidang dan pertemuan di kantor DPRD. Jika ada persoalan akan diselesaikan secara mediasi dan jika terkait aturan maka akan dibuatkan semacam Perda dan terlebih dahulu tentu Ranperda,katanya.

Kunker yang baru dilakukan oleh anggota DPRD yakni ke Jakarta Timur dan ke Jakarta Selatan untuk melihat berbagai perkembangan daerah itu baik dari segi SDM nya maupun dari kerajinan yang dihasilkan.

Setiap DPRD melakukan Kunker maka instansi terkait selalu kita ikut sertakan karena nantinya berkaitan dengan tugas pokok dan fungsinya. Hal itu bertujuan agar instansi terkait bisa melihat secara langsung dan jika sesuai akan dicoba di Pasbar,ujarnya.

Selain mengadakan kunker baik di dalam maupun di luar Sumbar, DPRD Pasbar juga melakukan perbagai sidang baik pembahasan anggaran maupun terkait kebijakan lainnya bersama instansi terkait baik Pemkab, Polres, kejaksaan dan lembaga lainnya. (Altas Maulana)