KPU Pasaman Tetapkan Dua Agenda Debat Publik

id Pilkada Pasaman

Lubuk Sikaping, (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, merencanakan pelaksanaan debat publik Pasangan Calon (Paslon) kepala daerah sebanyak dua kali, yakni pada 31 Oktober 2015, dan 14 November 2015.

"Rencananya kegiatan debat publik paslon ini akan dilaksanakan pada siang hari di Gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping dengan mendatangkan moderator dan dewan pakar dari akademisi, profesional murni, dengan gelar minimal doktor," kata Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu Rodi Andermi, di Lubuk Sikaping, Kamis.

Ia menambahkan, untuk mederator yang akan kami undang dalam acara debat publik nanti masih dalam proses peninjauan pihak KPU Pasaman.

"Saat ini, KPU pasaman tengah melakukan peninjauan dan koordinasi terhadap beberapa orang akdemisi, dan pihak profesional, dari Universitas yang ada di Sumbar untuk menjadi moderator pada acara itu nantinya, dimana mereka akan mengupas kesiapan para kandidat untuk meminpin daerah ini ke depannya, dan hal itu akan menjadi salah satu dasar bagi masyarakat untuk menentukan pilihan nantinya pada 9 Desember 2015," katanya.

Tema yang akan diangkat di antaranya bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten dan provinsi dengan nasional, memperkokoh NKRI, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah.

Ia juga menyebutkan, bagi calon kepala daerah kegiatan debat publik ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan visi dan misinya kepada masyarakat.

Selain itu, debat publik bertujuan untuk memberikan peluang kepada kedua paslon untuk menyampaikan visi dan misi, serta program-programnya kepada masyarakat dalam memimpin pasaman kedepan.

"Tujuan debat publik ini supaya visi dan misi calon kepala daerah sampai pada masyarakat sehingga masyarakat tahu siapa yang akan mereka pilih untuk Kabupaten Pasaman ke depannya," katanya.

Dia mengatakan, untuk acara debat publik nanti yang pertama rencananya akan diundang kedua paslon, tim pendukung masing-masing paslon, partai pengusul, panwaslu pasaman, stakholder terkait, perwakilan anggota dewan yang partainya mengusung paslon, dan undangan lainya.

"Kita harapkan dengan debat publik paslon, masyarakat diluar bisa menyaksikan langsung proses debat publik paslon yang akan dilaksanakan tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi Aprina Herawati, menambahkan, kegiatan debat publik ini memang sudah lama tertunda, rencananya akan dilaksanakan pada akhir September 2015, namun di agendakan lagi jadwalnya pada tanggal 31 Oktober, dan 14 November mendatang.

"Kami ingin agenda debat publik ini dapat berjalan dengan baik dan matang, makanya kami cari waktu yang tepat untuk melaksanakan debat publik untuk dua paslon ini," katanya.

Selain itu, Aprina menambahkan, rekaman dari debat publik tersebut, kemudian akan disebar ketingkat kecamatan berupa keping VCD, dan phak PPK dapat memutar debat tersebut pada masyarakat.(*)